Nahari, Nadia Rizky (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran regulated power supply pada standar kompetensi mengoperasikan power supply Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMKN 1 Blitar / Nadia Rizky Nahari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nahari Nadia Rizky. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Regulated Power Supply Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Power Supply Jurusan Teknik Elektonika Industri di SMKN 1 Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suwasono M. T. (2) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Jurusan Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Blitar Pengembangan Regulated Power Supply Regulated Power supply merupakan kompetensi dasar dalam standar kompetensi kejuruan jurusan Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Blitar.Hasil wawancara guru pengampu dan siswa pada standar kompetensi mengoperasikan power supply elektronika industri SMKN 1 menyatakan membutuhkan bahan ajar berupa modul jobsheet dan trainer untuk menunjang pembelajaran karena belum adanya bahan ajar yang menunjang pembelajaran. Tujuan dari pengembangan yang dilakukan adalah (1) Membuat bahan ajar berupa modul pembelajaran standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri (2) Membuat bahan ajar berupa Jobsheetuntuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri (3) Membuat trainer untuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri (4) Menguji kelayakan modul pembelajaran untuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri (5) Menguji kelayakan modul praktikum untuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri (6) Menguji kelayakan trainer untuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Sadiman. Kuisioner atau angket digunakan terdiri dari tiga jenis berdasarkan responden yaitu ahli materi ahli media dan siswa. Hasil validasi dan uji coba bahan ajar dilakukan dengan 5 tahapan adalah sebgai berikut (1) validasi ahli materi 1 sebesar 92 7% validasi ahli materi 2 sebesar 99% (2) ahli media sebesar 90% (3) uji coba satu lawan satu sebesar 96% (4) uji coba keloppok kecil sebesar 93% (5) uji coba lapangan sebesar 90%. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar regulated power supply sangat valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |