Pengembangan modul ajar dan jobsheet dengan model project bassed learning pada mata pelajaran teknik elektronika dasar untuk SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi kelas X Program Keahlian Ototronik berbasis kurikulum 2013 / Mohammad Huzaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar dan jobsheet dengan model project bassed learning pada mata pelajaran teknik elektronika dasar untuk SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi kelas X Program Keahlian Ototronik berbasis kurikulum 2013 / Mohammad Huzaini

Huzaini, Mohammad (2016) Pengembangan modul ajar dan jobsheet dengan model project bassed learning pada mata pelajaran teknik elektronika dasar untuk SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi kelas X Program Keahlian Ototronik berbasis kurikulum 2013 / Mohammad Huzaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huzaini Mohammad. 2016. Pengembangan Modul Ajar dan Jobsheet dengan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar untuk SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kelas X Program Keahlian Ototronik Berbasis Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Modul Teknik Elektronika Dasar Project Based Learning Mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar merupakan mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa kelas X termasuk dalam kelompok mata pelajaran produktif pada program keahlian Ototronik. Permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar adalah tidak tersedianya modul ajar yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013. Tidak tersedianya modul ajar Teknik Elektronika Dasar merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Berkaitan hal tersebut maka dilakukan pengembangan modul ajar mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar dengan model project based learning. Tujuan pengembangan modul ajar ini adalah (1) Merancang modul ajar Teknik Elektronika Dasar dengan model project based learning berbasis Kurikulum 2013 (2) Merancang jobsheet Teknik Elektronika Dasar (3) Menguji kelayakan modul ajar Teknik Elektronika Dasar dengan model project based learning berbasis Kurikulum 2013 (4) Menguji kelayakan jobsheet Teknik Elektronika Dasar. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sadiman dengan langkah sebagai berikut (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Tes/ujicoba (7) Revisi dan (8) Naskah siap produksi. Dalam proses tes/ujicoba terdapat beberapa kegiatan yaitu validasi dari ahli dan ujicoba pada siswa. Validasi dilakukan untuk mengetahui validitas produk sebelum diujicobakan. Sedangkan ujicoba dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk. Proses validasi dilakukan sebanyak dua kali dikarenakan pada tahap pertama masih terdapat revisi. Hasil akhir validasi ahli media untuk modul sebesar 100% dan untuk jobsheet sebesar 100% validasi ahli materi 1 untuk modul sebesar 93.12% dan untuk jobsheet sebesar 93.5% validasi ahli materi 2 untuk modul sebesar 95.08% dan untuk jobsheet sebesar 95.08% ujicoba satu lawan satu untuk modul sebesar 98.13% dan untuk jobsheet sebesar 97.69% ujicoba kelompok kecil untuk modul sebesar 97.14% dan untuk jobsheet sebesar 97.34% ujicoba lapangan untuk modul sebesar 98.08% dan untuk jobsheet sebesar 98.4%. Hasil validasi dan ujicoba menunjukkan bahwa modul ajar dan jobsheet Teknik Elektronika Dasar sangat valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47781

Actions (login required)

View Item View Item