Pengembangan bahan ajar penerapan rangkaian elektronika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa SMK kelas XI semester 2 program keahlian teknik elektronika industri / Muhammad Syahrizal Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar penerapan rangkaian elektronika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa SMK kelas XI semester 2 program keahlian teknik elektronika industri / Muhammad Syahrizal Firdaus

Firdaus, Muhammad Syahrizal (2016) Pengembangan bahan ajar penerapan rangkaian elektronika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa SMK kelas XI semester 2 program keahlian teknik elektronika industri / Muhammad Syahrizal Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdaus Muhammad Syahrizal. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Penerapan Rangkaian Elektronika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Siswa SMK Kelas XI Semester 2 Program Keahlian Teknik Elektronika Industri. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dyah Lestari ST. M.Eng. (II) Drs. Suwasono MT. Kata Kunci Bahan Ajar Penerapan Rangkaian Elektronika Contextual Teaching and Learning. Bahan ajarmerupakan segala bahan (baik informasi alat maupun teks) yang disusun secara sistematis danmenampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai peserta didik dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Dari hasil observasi di SMK Negeri 1 Kepanjen terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran yaitu (1) Bahan ajar yang ada tidak memiliki materi yang lengkap (2) Tidak terdapatnya bahan ajar yang sesuai dengan silabus Kurikulum 2013.Solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi pada SMK Negeri 1 Kepanjen adalah mengembangkan bahan ajar baik itu bukuajar siswa buku guru maupun jobsheet yang mengacu pada Kurikulum 2013 dengan model pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL). Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah bahan ajar siswa dan untuk guru yakni buku ajar dan jobsheetPenerapan Rangkaian Elektronika kelas XI program keahlian Teknik Elektronika Industri sesuai dengan silabus Kurikulum 2013 untuk 1 semester yakni semester genap.Penelitian pengembangan Bahan Ajar inimenggunakan prosedur penelitian pengembanganSadiman dengan 6 langkah praktis yaitu 1) analisis kebutuhan 2) perumusan tujuan pembelajaran 3) perumusan butir-butir materi 4) perumusan alat pengukur keberhasilan 5) menyusun naskah/draft media 6) melakukan uji coba dan revisi. Berdasarkan hasil uji coba satu lawan satu didapatkan bahwa uji coba validasi oleh ahli media untuk buku ajar guru dengan persentase sebesar 98 86% buku ajar siswa dengan persentase sebesar 98 86% jobsheetguru dengan persentase sebesar 94 57 % dan jobsheetsiswa dengan persentase sebesar 94 57 % validasi oleh ahli materi untuk buku ajar guru dengan persentase sebesar 89 81% buku ajar siswa dengan persentase sebesar 89 5% jobsheetguru dengan persentase sebesar 92 36% dan jobsheetsiswa dengan persentase sebesar 92 19 % padauji coba kelompok kecil untuk buku ajar dengan persentase sebesar 89 79 % dan jobsheetdengan persentase 88 25 % pada uji coba lapangan untuk buku ajar dengan persentase sebesar 86 49 % dan jobsheet dengan persentase87 04 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar ini layak untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47780

Actions (login required)

View Item View Item