Andriyani, Kiki (2016) Pengembangan bahan ajar cetak instalasi penerangan listrik berbasis mind mapping kelas XI program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik semester 1 di SMKN 6 Malang / Kiki Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Andriyani Kiki. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berbasis Mind Mapping untuk Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMKN 6 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M. Pd. (2) Drs. Hari Putranto Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Instalasi Penerangan Listrik Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti yang berupa wawacara dengan guru pengajar mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMKN 6 Malang ditemukan beberapa permasalahan yang terjadi saat proses pembelajaran di kelas antara lain (1) proses pembelajaran yang terjadi berupa teacher center (2) siswa sulit untuk memahami materi pembelajaran pada bahan ajar yang digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan bahan ajar yang sesuai sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. Bahan ajar berbasis Mind Mappingdapat menjadi solusi permasalahan tersebut dengan menggunakan mind mapping siswa dapat memahami materi Instalasi Penerangan Listrik dengan baik karena dengan mind mappingsiswa dapat memetakan konsep-konsep materi Instalasi Penerangan Listrik dan dapat mengetahui hubungan materi satu dengan yang lainnya. Tujuan dari produk ini adalah (1) merancang pembuatan Buku Ajar Instalasi Penerangan Berbasis Mind Mapping (2) mengembangkan bahan ajar untuk proses pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik (3) menguji tingkat kelayakan Buku Ajar Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Mind Mappingsebagai bahan ajar dalam mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan melakukan sedikit modifikasi. Seluruh proses pengembangan terbagi dalam 10 langkah yakni (1) masalah dan potensi (2) pengumpulan data (3) pengembangan produk (4) validasi ahli materi dan ahli media (5) revisi produk (6) uji kelompok kecil (7) revisi produk (8) uji coba kelompok besar (9)revisi produk (10) produksi produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan Buku Ajar Instalasi Penerangan Listrik BerbasisMind Mappingyang telah dikembangkan dan divalidasi oleh beberapa ahli yaitu (1) ahli materi diperoleh 93 54% (2) ahli media diperoleh 92 24 % (3) uji coba kelompok kecil diperoleh 81 25% (4) uji coba kelompok besar diperoleh 90 22 %. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat dinyatakan bahwa bahan ajar cetak Instalasi Penerangan Listrik layak digunakan pada proses pembelajaran di SMKN 6 Malang khususnya pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |