Pengembangan modul pembelajaran instalasi penerangan listrik untuk siswa kelas XI jurusan teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK / Dennis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran instalasi penerangan listrik untuk siswa kelas XI jurusan teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK / Dennis

Dennis (2016) Pengembangan modul pembelajaran instalasi penerangan listrik untuk siswa kelas XI jurusan teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK / Dennis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dennis. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Untuk Kelas XI Jurusan TIPTL di SMK Skripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sujono M.T. (2) Drs. Hari Putranto. Kata kunci Pengembangan Modul Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Instalasi Penerangan Listrik merupakan salah satu matapelajaran produktif muatan lokal pada paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK. Materi pada matapelajaran ini berkonsentrasi pada komponen instalasi pemasangan komponen instalasi dan standart pemasangan komponen instalasi penerangan listrik. Dari hasil wawancara kepada guru pengampu matapelajaran Instalasi Penerangan Listrik terdapat beberapa kendala pada saat pembelajaran diantaranya adalah tidak terdapatnya modul ppembelajaran yang menunjang kegiatan pembelajaran tidak ada refrensi untuk lembar kerja praktikum dan tidak terdapatnya materi yang sesuai dengan keadaan dilapangan kerja dalam bidang instalasi penerangan listrik. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan diata maka dibuat penelitian dan pengembangan modul pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk menjawab kebutuhan baik dalam pembelajaran maupun dalam dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah (1) merancang modul pembelajaran pada matapelajaran instalasi penerangan listrik untuk kelas XI jurusan TIPTL di SMKN 6 Malang (2) menguji kelayakan modul pembelajaran pada matapelajaran instalasi penerangan listrik (3) merancang job-sheet praktikum instalasi penerangan listrik untuk siswa kelas XI jurusan TIPTL di SMKN 6 Malang dan (4) menguji kelayakan job-sheet praktikum instalasi penerangan listrik. Pengembangan dan penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) analisis kebutuhan dan pengumpulan data (2) desain produk (3) validasi desain (4) revisi validasi desain (5) uji coba kelompok kecil (6) revisi uji coba kelompok kecil (7) uji coba kelompok besar (8) revisi uji coba kelompok besar dan (9) produk akhir. Ahli materi dan ahli media adalah pembimbing 1 pembimbing 2 dan guru pengampu. Untuk subjek uji coba kelompok kecil siswa kelas XI TIPTL dengan jumlah 10 orang dan subjek uji coba kelompok besar adalah siswa kelas XI TIPTL dengan jumlah 35 orang. Berdasarkan uji coba modul hasil rata-rata yang diperoleh dari ahli media sebesar 90 22% dan dari ahli materi sebesar 86 86%. Berdasarkan uji coba job-sheet hasil rata-rata yang diperoleh dari ahli media sebesar 89 63% dan hasil dari ahli materi sebesar 90 16%. Berdasarkan hasil uji coba modul pada kelompok kecil sebesasr 90 00%. Hasil uji coba job-sheet pada uji coba kelompok kecil 92 31%. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba modul pada uji coba kelompok besar sebesar 81 86% dan untuk job-sheet mendapatkan hasil 82 46%. Atas dasar tersebut maka modul pembelajaran Instalasi Listrik dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47774

Actions (login required)

View Item View Item