Primana, Abdian Putra (2016) Pengembangan bahan ajar instalasi motor listrik berbasis proyek untuki siswa kelas XI semester 1 Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK / Abdian Putra Primana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Primana Abdian Putra.2016.Pengembangan Bahan Ajar Instalasi Motor Listrik Berbasis Proyek Untuk Siswa Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Teknik Instalasi PemanfaatanTenaga Listrik di SMK. Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs.SlametWibawanto M.T (II) Drs.Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata kunci Buku Ajar Pengembangan Instalasi Motor Listrik Project Based Learning (PBL) Kurikulum 2013. Berdasarkanobservasi yang dilakukanpada beberapatokobuku di kota Malang antara lain (1) Gramedia (2) Togamas dan (3) Dian Ilmu diketahuibahwabelumtersediamyabahan ajar cetak untukSekolahMenengahKejuruan (SMK) yang berdasarkanKurikulum 2013 khususnyaInstalasiMotorListrik. Bahan ajar yang dijualmasihberdasarkanKurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) kurang relevandanjumlahnyaterbataspadabeberapamatapelajaran saja. Bahan ajar berdasarkan KTSP tentunyasudahtidakrelevanlagiuntukdigunakan. Selain itu berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 1 Blitar dan SMK Negeri 6 Malang menyatakan bahwa perkembanganpembelajaran yang ada di sekolahsaatinijuga masihteacher centerataumasihmengandalkan guru sebagaisumberinformasidan tutor dalamkegiatanpembelajaran belummemanfaatkanbahan ajarsecara optimal serta kurangnya tantangan permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran. Instalasi Motor Listrik merupakan mata pelajaran kelompok C3 yaitu kompetensi kejuruan. Salah satu bahan ajar yang sesuai untuk mata pelajaran Instalasi Motor Listrik yaitu buku ajar. Buku ajar harus berdasarkan kurikulum 2013 dan berbasis model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan sainttifik sehingga siswa dapat aktif membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik yaitu pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Buku ajar dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carreykarena merupakan model pembelajaran desain instruksional atau desain pembelajaran sehingga sesuai digunakan untuk pengembangan buku ajar. Langkah-langkahpengembangannyayaitu (1) identify instructional goal(s) (2) conduct instructional analysis (3) identify entry behaviors characteristic (4) write performance objectives (5) develop criterion referenced test items (6) develop instructional strategy (7) develop and select instructional materials (8) design and conduct formative evaluation (9) revise product (10) design and conduct summative evaluation. Buku ajar ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas XI di SMK Negeri 6 Malang melalui uji kelayakan dan uji keefektivitasan. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket reviewer ahli materi mendapatkan skor 89 63 % (sangat valid) reviewer ahli media mendapatkan skor 70 90 % (cukup valid) uji coba perseorangan mendapatkan skor 83 75 % (cukup valid) hasil angket siswa pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 90 20 % (sangat valid) dan hasil angket siswa pada uji coba lapangan mendapatkan skor 87 07 % (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut bahan ajar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.Keefektivan bahan ajar dapat diketahui berdasarkan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada dua kali pertemuan 86 00yang menunjukkan bahwa lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di SMK Negeri 6 Malang yaitu 71. Berdasarkan hasil tersebut buku ajar dinyatakan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |