Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar digital kelas X TEI di SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tuluangung / Jemi Uasri Bagiyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar digital kelas X TEI di SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tuluangung / Jemi Uasri Bagiyo

Bagiyo, Jemi Uasri (2016) Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar digital kelas X TEI di SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tuluangung / Jemi Uasri Bagiyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bagiyo Jemi Uasri. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Digital Kelas X TEI di SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara M.Pd. (II) Drs. Puger Honggowiyono M.T. Kata kunci Contextual Teaching and Learning (CTL) Keaktifan Hasil Belajar Siswa Kompetensi dasar digital. Berdasarkan hasil pengamatansecara langsung yang dilakukan oleh peneliti di kelas X TEI 1 2 dan 3 semester gasal di SMKN 3 Boyolangu. Permasalahan yang paling nampak ada di kelas X TEI-2 paparan data pra-siklus antara lain (1) Pembelajaranteacher-centered sehingga jenuh ngantuk main gadget sendiri mengakibatkan beberapa siswa mengabaikan pelajaran (2) Kurangnya kerjasama atau kurang aktif dari siswa dalam proses pembelajaran dengan teman sebayanya (3) Beberapa siswa yang amat lambat dalam pelajaran dasar kompetensi kejuruan (4) Dari beberapa poin permasalahan yang nampak diatas mengakibatkan nilai siswa berada dibawah KKM pada kegiatan pengamatan langsung dari peneliti. Maka dari itu peneliti melakukan tindak lanjut Classroom action research dengan model pembelajaran CTL yang mana perbaikan dari gurusebelum penelitian dengan beberapa tindakan konkret peneliti untuk mengatasi permasalahan yang ada sesuai paparan data sebelum penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) pada kompetensi dasar teknik digital dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas X TEI-2 SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dimana desain ini yang paling mudah dipahami dan dilaksanakan untuk penelitian tindakan kelas. Hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X TEI-2 setelah adanya tindakan sebagai berikut (1)Keaktifan siklus I dengan rata-rata nilai 81 81 siklus II dengan rata-rata nilai 82 32 dan siklus III dengan rata-rata nilai 83 66 (2) Ranah Pengetahuan pada siklus I dengan rata-rata nilai 78 33 siklus II dengan rata-rata nilai 89 81 dan siklus III dengan rata-rata nilai 95 11 (3) Ranah Sikap pada siklus I dengan rata-rata nilai 81 85 siklus II denganrata-rata nilai 81 91 dan siklus III dengan rata-rata nilai 84 10 dan (4) Ranah Keterampilan pada siklus I dengan rata-rata nilai 81 25 siklus II dengan rata-rata nilai 82 55 dan siklus III dengan rata-rata 85 02.Sehingga dapat disimpulkan bahwa Implementasi model CTLdapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TEI-2 SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47760

Actions (login required)

View Item View Item