Pengembangan bahan ajar pemrograman FBD smart relay berbasis proyek pada mata pelajaran sistem kontrol terprogram di SMK Program Keahlian Teknik Otomasi Industri / Danidza Ossadiana Ekaprina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pemrograman FBD smart relay berbasis proyek pada mata pelajaran sistem kontrol terprogram di SMK Program Keahlian Teknik Otomasi Industri / Danidza Ossadiana Ekaprina

Ekaprina, Danidza Ossadiana (2016) Pengembangan bahan ajar pemrograman FBD smart relay berbasis proyek pada mata pelajaran sistem kontrol terprogram di SMK Program Keahlian Teknik Otomasi Industri / Danidza Ossadiana Ekaprina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ossadiana Danidza Ekaprina. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Pemrograman FBD Smart Relay Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di SMK Program Keahlian Teknik Otomasi Industri. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Drs. Puger Honggowijono M.T. Kata Kunci Pemrograman FBD Smart Relay Project Based Learning Dickand Carey sangat layak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Pemrograman FBD Smart Relay berbasis proyek pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di SMK program keahlian Teknik Otomasi Industri. Tujuan tersebut didukung dengan kurangnya bahan ajar yang tersedia karena bahan ajar yang tersedia selama ini hanya berupa buku teks PLC dengan menggunakan Ladder sebagai bahasa pemrograman sehingga wawasan siswa terbatas dan tuntutan kemajuan teknologi khususnya di bidang electrical control. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey dengan prosedur (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan analisis silabus dengan hasil rumusan berupa Kompetensi Dasar/KD mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram (2) malakukan analisis pembelajaran dengan memetakan kompetensi belajar berdasarkan KD yang telah dirumuskan (3) mengidentifikasi tingkah laku dan karakteristik pembelajaran yang didapatkan dari hasil observasi di SMKN 1 Singosari (4) merumuskan tujuan khususyaitu indikator pencapaian kompetensi yang harus dicapai pada masing-masing KD (5) mengembangkan instrumen penilaian yang mengadopsi dari kriteria kelayakan penilaian buku ajar sesuai BSNP (6) mengembangkan strategi pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learningkarena terdapat tiga langkah utama pembelajaran aktif yaitu merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi (7) mengembangkan materi pembelajaranberupa buku guru dan buku siswa yang berisi satu materi umum dan sepuluh buah proyek (8) melakukan evaluasi formatif dengan uji perseorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan (9) revisi dan (10) melakukan evaluasi sumatif dengan mengukur sikap pengetahuan keterampilan dan hasil produk siswa dengan acuan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil pengembangan berupa buku ajar yang terdiri dari buku siswa dan buku guru kemudian diujicobakan dan diterapkan pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Otomasi Industri SMKN 1 Singosari dan memperoleh hasiluji coba akhirsebesar 83 33% (sangat layak) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 89. Sehingga bahan ajar pemrograman FBD Smart Relay berbasis proyek ini layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di SMK program keahlian Teknik Otomasi Industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47749

Actions (login required)

View Item View Item