Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kinerja guru mata pelajaran prokduktif terhadap sikap belajar siswa jurusan teknik instalasi listrik di SMK Negeri 1 Kediri / Ayu Widianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kinerja guru mata pelajaran prokduktif terhadap sikap belajar siswa jurusan teknik instalasi listrik di SMK Negeri 1 Kediri / Ayu Widianti

Widianti, Ayu (2015) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kinerja guru mata pelajaran prokduktif terhadap sikap belajar siswa jurusan teknik instalasi listrik di SMK Negeri 1 Kediri / Ayu Widianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widianti Ayu. 2015. Pengaruh Kompetensi Profesional Kompetensi Sosial Kompetensi Kepribadian dan Kinerja Guru terhadap Sikap Belajar Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Kediri. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Fx. Budi Rahardjo M.Pd. (II) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. Kata Kunci Profesional Sosial Kepribadian Kinerja Sikap Belajar Penguasaan kompetensi profesional sosial kepribadian dan kinerja guru yang belum baik oleh guru akan berpengaruh negatif terhadap sikap belajar siswa. Pengaruh negatif terhadap sikap belajar aktif siswa ini salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya simpati siswa terhadap guru mereka pada proses belajar di dalam kelas. Banyak faktor yang dapat membuat siswa kurang tertarik ikut belajar secara aktif di dalam kelas faktor yang teridentifikasi antara lain (1) cara mengajar guru yang membosankan dan (2) guru yang membuat siswa takut karena sering menghukum dan (3) guru yang kurang memahami karakteristik peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional kompetensi sosial kompetensi kepribadian dan kinerja guru terhadap sikap belajar siswa baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu juga untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional kompetensi sosial kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan korelasional. Penggunaan metode deskriptif pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa secara umum terhadap kompetensi profesional sosial kepribadian kinerja guru dan sikap belajar. Metode korelasional digunakan untuk menganalisis kriteria signifikansi dari indikator di tiap variabel pada analisis konfirmatori serta digunakan untuk menganalisis pengaruh antar variabel pada analisis struktural. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap belajar siswa dengan nilai estimasi sebesar 0 508. Kompetensi profesional kompetensi sosial kompetensi kepribadian masing-masing memiliki nilai p-value sebesar 0 002 0 002 dan 0 045 berpengaruh secara langsung terhadap kinerja guru. Secara tidak langsung kompetensi profesional kompetensi sosial kompetensi kepribadian melalui kinerja guru memiliki nilai estimasi 0 240 0 182 dan 0 347 tidak berpengaruh terhadap sikap belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara langsung antara kompetensi sosial terhadap sikap belajar siswa.Terdapat pengaruh yang signifikan secara langsung antara kompetensi profesional kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru. Saran dari penelitian ini adalah seluruh pihak yang terkait dengan kompetensi dan kinerja guru harus bekerja sama dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kinerja guru agar dapat meningkatkan sikap belajar siswa dan dapat meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran sehingga hasilnya sesuai dengan tujuan pembelajaran itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47723

Actions (login required)

View Item View Item