Hosana, Angga Widi (2015) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis WEB pada mata pelajaran simulasi digital untuk siswa kelas X SMK PGRI 3 Malang / Angga Widi Hosana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hosana Angga Widi. 2015. Pengembangan Media PembelajaranInteraktifBerbasis Web pada Mata PelajaranSimulasi Digital UntukSiswaKelas X SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. JurusanTeknikElektro.FakultasTeknik.UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Eng. SitiSendari S.T. M.T. (2) Dyah Lestari S. T. M. Eng. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran web schoology. MatapelajaranSimulasiDigital merupakansalahsatu matapelajaranwajibbagisiswasekolahmenengahkejuruan (SMK) yang menerapkansistemkurikulum 2013 (K13). Siswadituntutuntukmempelajari menguasaidanmemahamikonsepdasartentangpenerapan media digital dalamkehidupansehari-hari. Berdasarkanhasilwawancara di SMK PGRI 3 Malang terdapatbeberapapermasalahandalampembelajaranSimulasi Digital yaitu (1) Guru mengajardenganmetodekonvesionalyaitutatapmukadisertaipenugasan (2) Tidakadanya media pembelajaraninteraktifselama proses pembelajaran sehinggasiswakurangtermotivasidanmemahamimateri yang diajarkan. Dengan melihat kenyataantersebut perludirancangmedia ajar berupa webagar kegiatan pembelajaran di kelasmaupun di luarkelasdapatberlangsungsecaraaktif efektif danbermanfaat. Penelitianinidilaksanakandengantujuanyaitu Menghasilkan media pembelajaran media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Simulasi Digital untuk siswa kelas X di SMK PGRI 3 Malang. Model pengembanganmedia pembelajaraninimengadaptasi model pengembangan ADDIE yangterdiridari 5tahapyaitu (1)Analisiskebutuhan media pembelajaran (2)Desain media pembelajaranberupaweb denganschoology (3)Pengembanganmedia pembelajaranberbasisweb (4)Implementasimedia pembelajaranberbasisweb (5)Evaluasi. Proses evaluasidilakukanpadasetiaptahapannyayaitusebagaiberikut (1) tahapanalisis evaluasi yang dilakukandenganobservasidanwawancara (2) tahapdesain dilakukanvalidasiolehahlimateri (3) tahappengembangandilakukanvalidasiolehahli media danahlimateri (4) tahapimplementasi media di ujicobakan di kelasdenganujicobakelompokkecildanujicobakelompokbesar. Berdasarkananalisis data yang telahdilakukan diperolehpersentasehasilvalidasiahli media sebesar 91 20% ahlimateri 93 05% ujicobakelompokkecil 82 78% danujicobalapangan 83 44%. Dari hasiltersebutdapatdisimpulkanbahwa media pembelajarantelahmemenuhikriteria valid dandapatdigunakandalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |