Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam mata pelajaran elektronika dasar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Lutfiatul Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam mata pelajaran elektronika dasar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Lutfiatul Ummah

Ummah, Lutfiatul (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam mata pelajaran elektronika dasar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Lutfiatul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ummah Lutfiatul. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Elektronika Dasar pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan TeknikElektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci TAI Motivasi Belajar Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi awal yang berupa wawancara kepada guru mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang dan hasil pengamatan kelas awal diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran elektronika dasar masih berpusat pada guru. Hal tersebut berdampak pada motivasi belajar dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dimana siswa dapat belajar secara individu dalam kelompok sehingga diharapkan siswa akan lebih bersemangat serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dimana terdapat dua siklus dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X EI-2 SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 35 siswa. Sumber data dalam penelitian yaitu siswa kelas X EI-2 SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang dan guru. Instrumen yang digunakan diantaranya berupa rencana pelaksana pembelajaran lembar kerja siswa soal pre- post test jobsheet lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran lembar observasi hasil belajar aspek sikap dan keterampilan serta lembar observasi motivasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi tes dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian diperoleh pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 77.18% dengan kriteria cukup termotivasi (C) dan mengalami peningkatan sebesar 83.7% dengan kriteria termotivasi (B) pada siklus II. Sedangkan persentase banyaknya siswa yang tuntas dalam hasil belajar pada materi penempatan titik kerja transistor adalah sebesar 91.4% pada siklus I dan dengan angka presentase sebesar 100% pada siklus II. 12288 12288 12288 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning tipe TAI dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran elektronika dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47678

Actions (login required)

View Item View Item