Purnomo, Adi (2014) Perancangan media pembelajaran trainer dan lembar kerja (job sheet) praktikum pneumetik pada matakuliah perancangan dan instalalasi tenaga listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Adi Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Purnomo Adi. 2014. Perancangan Media Pembelajaran Trainer Pneumatik dan Lembar Kerja (jobsheet)Praktikum Pneumatik pada Matakuliah Perancangan dan Instalasi Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T M.Pd. (2) Ahmad Fahmi S.T. M.T. Kata Kunci Bahan Ajar Pneumatik Media Pembelajaran. Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini terjadi begitu sangat pesat dan telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan di dalamnya. Berkaitan dengan hal itu pula mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang salah satu sajiannya adalah matakuliah PTL 462 Workshop Otomasi Industri yang pada deskripsinya menyebutkan bahwa mahasiswa mampu memahami dan bisa mempraktekan peralatan industri berbasis PLC Pneumatic dan PC. Penggunaan teknologi oleh manusia dewasa ini diharapkan dapat membantu manusia dalam mempermudah penyelesaian pekerjaan tertentu. Demikian pula dalam pendidikan teknologi dijadikan sebagai salah satu landasan dalam pengembangan kurikulum 2013. Di mana integrasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi salah satu ruh pelaksanaan kurikulum 2013. Hasil pengamatan di Laboratorium Instalasi Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang menunjukkan penyampaian materi yang berhubungan dengan pneumatik belum dapat dipraktekan karena tidak ada media prototype berupa trainer pneumatik yang bisa digunakan.. Berdasarkan uraian di atas peneliti mengembangkan media pembelajaran trainer dan lembar kerja (jobsheet) menggunakan model adaptasi pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi dimana terdapat tiga tahap uji coba yaitu validasi dari ahli media dan ahli materi perorangan dan uji kelompok kecil. Hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diperoleh persentase hasil validasi ahli media 96 15% hasil validasi ahli materi 75% dan kelompok kecil 86.11%. Berdasarkan data tersebut maka media ini dinyatakan valid dan bisa digunakan sebagai materi ajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |