Perbedaan hasil belajar antara metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) pada standar kompetensi menggunakan instrumen kontrol siswa kelas X Pembangkit di SMK PGRI 3 Malang / Diana Haryati Mulyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar antara metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) pada standar kompetensi menggunakan instrumen kontrol siswa kelas X Pembangkit di SMK PGRI 3 Malang / Diana Haryati Mulyaningtyas

Mulyaningtyas, Diana Haryati (2014) Perbedaan hasil belajar antara metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) pada standar kompetensi menggunakan instrumen kontrol siswa kelas X Pembangkit di SMK PGRI 3 Malang / Diana Haryati Mulyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perbedaan Hasil Belajar antara Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) Pada Standar Kompetensi Menggunakan Instrumen Kontrol Siswa Kelas X Pembangkit di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembeimbing (1) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (2) Dyah Lestari S.T. M. Eng. Kata Kunci Perbedaan Hasil belajar Teams Games Tournament (TGT) Student Team Achievement Divisions (STAD). 12288 12288 12288 12288 12288 Perkembangan dunia pendidikan saat ini siswa diharapkan menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran melalui model-model pembelajaran tertentu sehingga peran guru sebagai fasilitator mediator dan infomator yang membimbing dan mengawasi siswanya dalam proses pembelajaran harus terampil terhadap model-model pembelajaran yang dipilih dan bervariasi. Melalui model pembelajaran yang menarik siswa termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajarnya dan menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pengamatan peneliti di SMK PGRI 3 Malang masih banyak yang menggunakan model pembelajaran berpusat pada guru sehingga banyak pula siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) pada standar kompetensi siswa kelas X SMK PGRI 3 Malang. Pemilihan kedua model tersebut disesuaikan dengan karakteristik siswa yang individualis pada kelas kontrol dan dinamis pada kelas eksperimen yang digunakan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design dimana kemampuan siswa diukur menggunakan instrumen perlakuan dan pengukuran. Teknik analisis yang digunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas homogenitas uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis yang menggunakan uji t. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X pembangkit A B dan C tahun pelajaran 2013/2014 sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X pembangkit B sebagai kelas kontrol dan X pembangkit C sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel bertujuan. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil rata-rata TGT pada ranah kognitif afektif dan psikomotorik 85 12 79 16 74 64. Sedangkan hasil rata-rata STAD pada ranah kognitif afektif dan psikomotorik 78 17 76 09 72 59. Berdasarkan uji statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif dan afektif. Namun pada ranah psikomotorik tidak ada perbedaan yang signifikan. Hasil nilai rata-rata kelas yang menggunakan metode TGT lebih tinggi dari pada yang menggunakan metode STAD dikarenakan keberadaan games tournament pada metode TGT lebih menyenangkan dibandingkan kuis individu pada metode STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47635

Actions (login required)

View Item View Item