Studi komparasi kompetensi teknik elektronika dasar menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dibanding menggunakan model pembelajaran discovery inquiry pada siswa di SMK Negeri 2 Singosari / Lora Khaula Amifia - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi kompetensi teknik elektronika dasar menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dibanding menggunakan model pembelajaran discovery inquiry pada siswa di SMK Negeri 2 Singosari / Lora Khaula Amifia

Amifia, Lora Khaula (2014) Studi komparasi kompetensi teknik elektronika dasar menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dibanding menggunakan model pembelajaran discovery inquiry pada siswa di SMK Negeri 2 Singosari / Lora Khaula Amifia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amifia Lora Khaula. 2013. Studi Komparasi Kompetensi Teknik Elektronika Dasar Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dibanding Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Inquiry pada Siswa di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah M.T. Pembimbing (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran STAD Discovery Inquiry kompetensi teknik elektronika dasar 12288 12288 12288 12288 Model pembelajaran Student Teams Achievements Division (STAD) merupakan model pembelajaran kooperatif sederhana yang dapat membantu siswa untuk lebih aktif kreatif berpikir kritis dalam pembelajaran teknik elektronika dasar. Dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD diharapkan siswa akan lebih aktif dan kompetensinya dapat maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kompetensi teknik elektronika dasar menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa di SMKN 2 Singosari (2) mendeskripsikan kompetensi teknik elektronika dasar menggunakan model pembelajaran Discovery Inquiry pada siswa di SMKN 2 Singosari (3) mengungkap signifikansi perbedaan kompetensi teknik elektronika dasar menggunakan model pembelajaran STAD dibanding menggunakan model pembelajaran Discovery Inquiry pada siswa di SMKN 2 Singosari. 12288 12288 12288 12288 Rancangan dalam penelitian ini adalah kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental) atau termasuk dalam jenis penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 2 Singosari semester gasal tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 66 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Elektronika Industri (EI-1) sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas X Elektronika Industri (EI-2) sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran Discovery Inquiry. Hasil analisis penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji-t dua pihak (dihitung dengan bantuan SPSS 16). Hasil uji-t atas hasil belajar menunjukkan thitung dari ttabel dan nilai signifikansi lebih kecil sehingga hipotesis H0 ditolak. Dari hasil analisis data uji-t maka didapatkan kesimpulan bahwa terdapat signifikansi perbedaan kompetensi teknik elektronika dasar menggunakan model pembelajaran STAD dibanding menggunakan model pembelajaran Discovery Inquiry pada siswa di SMK Negeri 2 Singosari. Perbedaan tersebut dilihat dari ranah kognitif afektif dan psikomotorik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47623

Actions (login required)

View Item View Item