Wardhana, Alfano Endra (2012) Pengembangan bahan ajar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berbasis model pembelajaran cooperative learning mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Alfano Endra Wardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci bahan ajar keselamatan dan kesehaan kerja (K3) cooperative learning Bahan ajar berupa buku ajar tetap diperlukan walaupun kemajuan teknologi terus berkembang karena buku ajar bisa digunakan dimanapun kapanpun dan oleh siapapun. Buku ajar yang menarik tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) belum ada di perpustakaan jurusan Teknik Elektro dan perpustakaan Universitas Negeri Malang. Bahan ajar yang menarik dibutuhkan oleh mahasiswa Teknik Elektro untuk lebih memahami inti dari materi karena nantinya mahasiswa Teknik Elektro diproyeksikan mendidik siswa untuk masuk ke dunia kerja ataupun langsung masuk ke industri. Buku ajar yang dikembangkan ini menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini yang dianggap mampu mengatasi kepasifan mahasiswa melibatkan mahasiswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan mampu meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mahasiswa akan meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan secara umum untuk menghasilkan bahan ajar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berbasis model pembelajaran cooperative learning untuk mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Sedangkan tujuan secara khusus untuk menyusun langkah-langkah pembelajaran membuat atau mengembangkan bahan ajar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berbasis model pembelajaran cooperative learning dan mendeskripsikan respon peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi. Tahap-tahap pengembangan mulai dari analisis kebutuhan hingga penyebaran disusun secara terperinci sehingga memudahkan dalam pengembangan. Pada modifikasi model Borg Gall terdapat 8 tahap utama yaitu analisis kebutuhan perencanaan pengembangan produk uji coba ahli materi uji coba ahli media uji coba lapangan revisi dan produksi massal. Pengambilan data validasi dalam bahan ajar ini digali dengan menggunakan instrumen berupa angket yang dilakukan terhadap 3 subjek yaitu ahli materi ahli media dan peserta didik (mahasiswa). Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 subjek tersebut adalah sebagai berikut ahli materi menyatakan produk ini sangat baik dengan persentase 80% ahli media menyatakan produk ini sangat baik dengan persentase 82 5% dan peserta didik mahasiswa Teknik Elektro menyatakan produk ini baik dengan persentase 77 8%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |