Hendratmoko, Taufik (2014) Aplikasi hakikat manusia sebagai makhluk individual pada kurikulum 2013 jenjang Sekolah dasar (SD) / Taufik Hendratmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hendratmoko Taufik. 2014. Aplikasi Hakikat Manusia sebagai Makhluk Individual pada Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Dasar (SD). Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. A.J.E. Toenlioe M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd M.Med.Kom. Kata Kunci hakikat manusia makhluk individual kurikulum 2013 sekolah dasar 12288 12288 12288 12288 Pengelolaan pendidikan yang masih dominan bersifat behavioristik mengakibatkan penyeragaman tujuan strategi dan standar evaluasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Dalam hal tujuan siswa dituntut untuk menguasai semua matapelajaran yang belum tentu siswa tersebut berbakat dan berminat di sana. Dalam hal strategi guru diposisikan sebagai sumber belajar utama sementara siswa yang tentu memiliki bakat dan minat unik diposisikan sebagai obyek kosong yang akan diisi oleh pengajar. Begitu halnya dengan Ujian Nasional yaitu sebuah alat tes evaluasi berstandar tunggal yang digunakan untuk menilai keberagaman bakat dan minat siswa. Ketidaktepatan kebijakan pemerintah ini akan menelantarkan keanekaragaman peserta didik yang sebenarnya keanekaragaman tersebut merupakan potensi untuk bekal membangun bangsa ini kedepan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan aplikasi hakikat manusia dalam Kurikulum 2013 jenjang SD pada komponen guru siswa tujuan materi strategi dan evaluasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif. Dalam hal ini peneliti adalah instrumen utama. Data penelitian ini bersumber dari Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (permendikbud) yang berhubungan dengan Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasar (SD). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi meningkatkan ketekunan dan kecukupan bahan referensi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama komponen guru dalam Kurikulum 2013 jenjang SD belum memenuhi konsep hakikat manusia sebagai makhluk individual. Kedua komponen siswa dalam Kurikulum 2013 jenjang SD belum memenuhi konsep hakikat manusia sebagai makhluk individual. Ketiga komponen tujuan dalam Kurikulum 2013 jenjang SD sudah memenuhi konsep hakikat manusia sebagai makhluk individual. Keempat komponen materi dalam Kurikulum 2013 jenjang SD sudah memenuhi konsep hakikat manusia sebagai makhluk individual. Kelima komponen strategi dalam Kurikulum 2013 jenjang SD belum memenuhi konsep hakikat manusia sebagai makhluk individual. Keenam komponen evaluasi dalam Kurikulum 2013 jenjang SD belum memenuhi konsep hakikat manusia sebagai makhluk individual. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian di atas secara keseluruhan Kurikulum 2013 jenjang SD masih belum sejalan dengan aplikasi hakikat manusia sebagai makhluk individual. Kesimpulan ini berdasarkan kenyataan bahwa hanya dua komponen yaitu tujuan dan materi yang sejalan dengan teori sedangkan empat komponen lainnya yaitu guru siswa strategi dan evaluasi tidak sejalan. 12288 12288 12288 12288 Mengingat pentingnya peranan dan fungsi kurikulum dalam sistem pendidikan nasional hendaknya pemerintah mengambil kebijakan kurikulum kedepannya lebih memperhatikan setiap keunikan positif individu manusia yang berimpilasi terhadap perenanaan dan penataan semua komponen pendidikan yaitu guru siswa tujuan materi strategi dan evaluasi. Selain itu penelitian mengenai hakikat manusia terhadap Kurikulum 2013 ini masih sebatas membahas tentang hakikat manusia sebagai makhluk individual. Hakikat manusia lainnya seperti sosial susila dan religi masih terbuka untuk diteliti. Sehingga diharapkan untuk para peneliti lainnya melakukan penelitian terhadap hakikat manusia sebagai makhluk sosial susila dan religi terhadap Kurikulum 2013 jenjang SD ataupun jenjang yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/475 |
Actions (login required)
View Item |