Analisis keterampilan berpikir kritis dan capaian hasil belajar kognitif mahasiswa pada perkuliahan zat aditif dan adiktif berbasis case method - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan berpikir kritis dan capaian hasil belajar kognitif mahasiswa pada perkuliahan zat aditif dan adiktif berbasis case method

Mulyati, Yayuk and Wicaksono, Ilzha Akbar Muharomi and Putri, Novi Eka and Habiddin, Habiddin and Fitriyah, Isnanik Juni and Nida, Safwatun (2023) Analisis keterampilan berpikir kritis dan capaian hasil belajar kognitif mahasiswa pada perkuliahan zat aditif dan adiktif berbasis case method. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 90-96.

[img] Text
view_usp=drive_link

Download (84kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, korelasi serta kontribusi keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif siswa melalui perkuliahan dengan menerapkan strategi case method. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan pendidikan IPA Universitas Negeri Malang yang berjumlah 102 orang. Instrumen penelitian berupa soal essai yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan secara kuantitatif melalui regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan case method mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada kategori kritis (topik zat aditif) dan sangat kritis (topik zata diktif) serta hasil belajar kognitif pada kategori baik. Keterampilan berpikir kritis memiliki korelasi positif terhadap hasil belajar kognitif dengan kontribusi sebesar 66.82%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dosen di perguruan tinggi dapat mengimplementasikan case method sebagai salah satu strategi alternatif untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa karena strategi tersebut memiliki kontribusi besar terhadap capaian hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci: case method; hasil belajar kognitif; keterampilan berpikir kritis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Proceedings
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:51
Last Modified: 12 Feb 2024 04:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item