Pengembangan instrumen karakteristik siswa dan guru untuk analisis pembelajaran adaptif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen karakteristik siswa dan guru untuk analisis pembelajaran adaptif

Thaariq, Zahid Zufar At and Kuswandi, Dedi and Degeng, Made Duananda Kartika and Karima, Ummul and Hasanah, Widi (2023) Pengembangan instrumen karakteristik siswa dan guru untuk analisis pembelajaran adaptif. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 44-57.

[img] Text
view_usp=drive_link

Download (85kB)

Abstract

Pemahaman awal terkait karakteristik siswa dan guru sangat diperlukan dalam menentukan desain, model maupun strategi pembelajaran yang hendak diberlakukan. Ini berkaitan dalam tindak lanjut berupa analisis komparatif yang dapat dijadikan sebagai landasan dalam pembelajaran. Maka, pengembang berinisiatif untuk mengembangkan instrumen karakteristik siswa dan guru menggunakan model asesmen kebutuhan yang terdiri dari pra-asesmen (eksplorasi), asesmen (pengumpulan data) dan pasca asesmen (penggunaan). Diperoleh produk berupa instrumen untuk analisis pembelajaran yang valid untuk karakteristik siswa, namun kurang valid untuk karakteristik guru, sehingga perlu adanya revisi terkait agar instrumen ini bisa diaplikasikan. Dengan demikian, langkah- langkah tersebut akan membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan memastikan peningkatan berkelanjutan dalam proses pendidikan. Kata Kunci: Instrumen Karakteristik Pembelajaran, Analisis Pembelajaran, Siswa, Guru, Pendidikan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Proceedings
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:45
Last Modified: 12 Feb 2024 07:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4690

Actions (login required)

View Item View Item