Pengembangan media pembelajaran matematika SMP berbasis website untuk lembaga bimbingan belajar Surya Gemilang / Rizki Satriyo Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika SMP berbasis website untuk lembaga bimbingan belajar Surya Gemilang / Rizki Satriyo Widodo

Widodo, Rizki Satriyo (2015) Pengembangan media pembelajaran matematika SMP berbasis website untuk lembaga bimbingan belajar Surya Gemilang / Rizki Satriyo Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widodo Rizki Satriyo. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Website untuk Lembaga Bimbingan Belajar Surya Gemilang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Pembimbing (II) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci Pembelajaran Media Website Aritmatika Sosial dan Problem Based Learning. Proses pembelajaran matematika di lembaga bimbingan belajar Surya Gemilang dilakukan dengan cara konvensional yaitu pendidik hanya menggunakan media papan tulis dan ceramah untuk menerangkan setiap materi pembelajaran tetapi setiap materi pembelajaran matematika tidak selalu dapat menggunakan metode konvensional. Materi aritmatika sosial merupakan materi matematika yang paling dekat dengan keadaan dunia nyata dan membutuhkan penalaran untuk menguasainya. Dengan waktu 90 menit peserta didik tidak dapat menguasai materi aritmatika sosial dengan baik karena pendidik hanya menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga peserta didik cepat bosan dan tidak memahami materi dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dikembangkan media pembelajaran matematika berbasis website dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk memperjelas proses pembelajaran di lembaga bimbingan belajar Surya Gemilang. Pengembangan media ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan Analysis Design Development Implementation dan Evaluation atau disingkat ADDIE. Langkah-langkah pengembangannya adalah 1) analisis 2) desain 3) pengembangan produk 4) implementasi dan 5) evaluasi. Subyek analisis kebutuhan pada pengembangan media pembelajaran ini adalah peserta didik Lembaga Bimbingan Belajar Surya Gemilang. Kemudian untuk pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk data validasi oleh ahli media ahli materi dan peserta didik. Tes digunakan pada proses pre test dan post test untuk melihat hasil belajar peserta didik. Perolehan rata-rata persentase dari tiga tahap validasi yaitu (1) hasil validasi dari ahli media sebesar 88 83% (2) hasil validasi dari ahli materi sebesar 78 75% (3) hasil uji coba pada peserta didik sebesar 90 66%. Berdasarkan hasil penilaian dan hasil ketuntasan belajar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid menurut ahli materi dan ahli media serta layak menurut peserta didik untuk digunakan dalam proses pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar Surya Gemilang. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46083

Actions (login required)

View Item View Item