Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada matapelajaran Perakitan Komputer siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 10 Malang / Aditya Bagas Febrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada matapelajaran Perakitan Komputer siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 10 Malang / Aditya Bagas Febrian

Febrian, Aditya Bagas (2015) Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada matapelajaran Perakitan Komputer siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 10 Malang / Aditya Bagas Febrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrian Aditya Bagas. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Perakitan Komputer untuk Siswa Kelas X Multimedia SMKN 10 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Learning Cycle Aktivitas Belajar Hasil Belajar Siswa Berdasarkanhasilkajianawalmelaluiobservasidanhasilwawancaradenganketuajurusandanbeberapa guru di SMKN 10 Malang model pembelajaran yang selama inidigunakanadalah model pembelajarankonvensional. Kegiatanpembelajaran yang biasadigunakan guru tersebutberupapembelajarankelompok yang sederhanadengan guru sebagaipusatpembelajaran. Guru memberimateriberupainstruksiringkasdalambentuk video tanpaadapenjelasanmaupunmemberipenguatan. Hal inimembuatsiswabingungdankurangpahammateritentangperakitan komputer.Permasalahantersebutsecaralangsungberdampakpadahasilbelajarsiswa. Hal inidapatdilihatdarinilaimatapelajaranperakitan komputerpadaujiansemesterkelas X Multimedia SMKN 10 Malang. Sebanyak 56% siswadengannilaikurangdari SKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dalam matapelajaran perakitan komputer melalui penerapan model pembelajaran learning cycle pada siswa kelas kelas X Multimedia SMKN 10 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 10 Malang sebanyak 34 siswa. Tindakan pada penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang dikuantifikasikan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 67 41% meningkat menjadi 75 64% pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 84 83%. Padaaspek pengetahuan menunju-kanadanyapening katandarisiklus I kesiklus II yaknidari75 61men jadi 80 77 dan meningkat lagi menjadi 86 04 pada tes akhir siklus III. Pada aspek ketrampilan terjadi pening katandarisiklus I kesiklus II yaknidari 76 74 men jadi84 dan meningkat lagi menjadi 94 08 pada siklus III. Pada aspek sikap terjadi pening-katandarisiklus I kesiklus II yaknidari 75 menjadi 83 06 dan meningkat lagi menjadi 89 51 pada siklus III. Berdasarkan pembahasan disarankan agar guru melakukan pengenalan terhadap model pembelajaran yang baru bagi siswa pengawasan yang ketat pada setiap fase atau tahap pembelajaran lebih memperhatikan pengaturan waktu menunjuk seorang pemimpin diskusi dan memberikan tugas khusus kepada setiap kelompok agar dapat terlibat aktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46038

Actions (login required)

View Item View Item