Pemanfaatan laboratorium multimedia dalam pembelajaran TIK siswa SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) kelas 1 di SMPN 4 Kepanjen / Imam Thanthowi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan laboratorium multimedia dalam pembelajaran TIK siswa SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) kelas 1 di SMPN 4 Kepanjen / Imam Thanthowi

Thanthowi, Imam (2010) Pemanfaatan laboratorium multimedia dalam pembelajaran TIK siswa SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) kelas 1 di SMPN 4 Kepanjen / Imam Thanthowi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tantowi Imam. 2008. Pemanfaatan Laboratorium Multimedia Dalam Pembelajaran TIK Siswa SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) Kelas 1 di SMPN 4 Kepanjen Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sihkabuden M.Pd dan (2) Dra. Susilaningsih. Kata kunci pemanfaatan laboratorium multimedia pembelajaran TIK Sekolah Berstandart Internasional) Kata laboratorium biasanya berhubungan dengan sumber belajar yang senganja dibuat untuk kepentingan pembelajaran. Oleh karena itu laboratorium itu sangat penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Laboratorium multimedia adalah laboratorium yang dilengkapi dengan computer dengan fasilitas internet dan program yang lainya selain itu pula juga terdapat VCD ROOM dan LCD yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Laboratorium multimedia merupakan salah satu sarana pendidikan yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar atau teori-teori utama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Rumusan masalah yang diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut (1) mengidentifikasi bagaimana kondisi fisik laboratorium multimedia yang ada di SMPN 4 Kepanjen (2) mengidentifikasi pemanfaatan laboratorium multimedia di SMPN 4 Kepanjen (3) mengidentifikasikan apa yang menjadi kendala dalam pemanfatan laboratorium multimedia (4) mengidentifikasikan usaha apa yang dilakukakan untuk mengatasi kendala dalam pemanfatan di laboratorium multimedia (5) mengidentifikasikan bagaimana persepsi guru dan siswa tentang pemanfaatan dilaboratorium multimedia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. data yang diperoleh dari satu orang guru mata pelajaran TIK yang ada di SMPN 4 Kepanjen dan dan siswa yang diambil sebagai sampel adalah siswa SBI yang berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas 7H dan 7I. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan siswa panduan wawancara yang diberikan guru dan panduan identifikasi untuk mengamati fasilitas yang tersedia di laboratorium. Setelah melalui proses pengelolaan data diketahui hasil penelitian adalah kondisi fisik dan fasilitas yang tersedia di laboratorium multimedia ruangan yang tersedia cukup kondusif untuk pembelajaran kira-kira dapat menempung 25 siswa. fasilitas di laboratorium multimedia cukup memadai. Bentuk kegiatan pemenfaatan laboratorium multimedia meliputi kegiatan internet yang dilakukan satu kali dalam satu minggu pembelajaran yang dilakukan satu kali dalam seminggu presentasi yang biasanya kadang-kadang dilakukan di laboratorium multimedia dan pelatihan terhadap guru tentang pemanfaatan dan pengelolaan laboratorium multimedia. Pengaturan siswa pada saat kegiatan menggunakan pola individu dan kelompok kecil disesuaikan dengan jenis kegiatan yang dilakukan. Kendala yang dialami dalam rangka pemanfaatan laboratorium multimedia di SMPN 4 Kepanjen yaitu kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan laboratorium multimedia praktek di laboratorium multimedia kadang kala kurang efisien karena biasanya siswa hanya fokus pada komputer yang dihadapinya tanpa memperhatikan gurunya Usaha yang ditempuh untuk mengtasi hambatan pemanfaatan pemanfaatan laboratorium multimedia di SMPN 4 Kepanjen yaitu guru harus bisa membuat variasi model pembelajaran Untuk mengatasi masalah kurangnya kemampuan dan kurang profesionalnya tenaga laboran pihak sekolah harus bisa memberikan solusi yaitu dengan cara memberikan pelatihan pada setiap bulan terhadap guru dan pengelola laboratorium. Selain itu untuk mengatasi penggunaan laboratorium multimedia yang tidak teratur perlu dibuatkan tata tertib sekaligus sanksi yang harus diberikan untuk siapa saja yang melanggarnya Berdasarkan kesimpulan tersebut disarakan bapak ibu guru dan siswa agar meningkatkan pemanfaatan laboratorium multimedia untuk pembelajaran TIK baik intentitas maupun variasi kegiatan dan kepada sekolah agar lebih melengkapi fasilitas atau alat penunjang laboratorium multimedia yang dibutuhkan demi memperlancar proses pembelajaran khususnya pembelajaran TIK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item