Pengembangan sistem informasi keuangan MI Mambaul Ulum Malang / Baihaqie Ndaru Findarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi keuangan MI Mambaul Ulum Malang / Baihaqie Ndaru Findarto

Findarto, Baihaqie Ndaru (2013) Pengembangan sistem informasi keuangan MI Mambaul Ulum Malang / Baihaqie Ndaru Findarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Findarto Baihaqie Ndaru. 2012. Sistem Informasi Keuangan MI Mambaul Ulum Tegalgondo Kabupaten Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dyah Lestrasi S.T. M.Eng. Muhammad Jauharul Fuady S.T. M.T. Kata Kunci sistem informasi keuangan web waterfall. MI Mambaul Ulum adalah sekolah swasta yang berada dibawah naungan Lembaga Pendidikan Al-Ma arif. Seiring berjalannya waktu MI Mambaul Ulum mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini menuntut adanya sebuah sarana untuk mempercepat kinerja dan efisiensi semua hal yang berkaitan dengan administrasi sekolah termasuk pencatatan iuran bulanan/SPP penggajian guru dan karyawan pelaporan keuangan dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan adanya suatu sistem yang mampu mencatat memproses dan menghasilkan sebuah informasi keuangan yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan sistem informasi keuangan MI Mambaul Ulum Malang. Diharapkan sistem ini dapat menyelesaikan permasalahan dalam pencatatan keuangan di MI Mambaul Ulum. Model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model waterfall yang dikemukakan oleh Pressman. Pada model ini pengembangan dilakukan secara sistematis dan urut mulai dari komunikasi perencanaan pemodelan pembangunan dan penyerahan serta perawatan sistem. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang dilengkapi dengan CSS dan Javascript serta diintegrasikan dengan database MySQL. Sistem informasi ini dijalankan dengan menggunakan web browser untuk mempermudah pengintegrasian sistem. Pengujian sistem dilakukan pada aspek usabilitas dan fungsionalitas sistem. Teknik pengujian yang digunakan untuk menguji fungsionalitas sistem adalah teknik pengujian black-box. Pengujian usabilitas dilakukan untuk mengetahui apakah sistem dapat digunakan dan dipahami secara mudah oleh pengguna. Pengujian dilakukan dengan memberikan kuisioner kepada ahli rekayasa perangkat lunak dan pengguna sistem. Berdasarkan hasil validasi dan pengujian sistem didapatkan persentase rata-rata skor usabilitas sistem sebesar 97 17% dan fungsionalitas sistem sebesar 100%. Persentase rata-rata skor validasi dan uji coba tersebut menyatakan bahwa sistem ini valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45885

Actions (login required)

View Item View Item