Firmansyah, Tri (2013) Penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) pada mata pelajaran TIK untuk meningkatkan keaktifan siswa di SMA Islam Al Ma'arif Singosari / Tri Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
FirmanSyah Tri. 2013.Penggunaan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) 12288 12288 12288 12288 untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran TIK di SMA Islam Al 12288 12288 12288 12288 Ma arif Singosari. Skripsi Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas 12288 12288 12288 12288 Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Atmadji Sutikno M.Pd (II) Sujito ST. 12288 12288 12288 12288 M.T Kata-kata Kunci TGT(Teams Games Tournaments) model pembelajaran keaktifan siswa 12288 12288 12288 12288 Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran. Dalam fungsinya model pembelajaran digunakan untuk mengatur sebuah strategi dimana strategi tersebut didesain sebagaimana rupa sehingga dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam mata pelajaran TIK di SMA Islam Al Ma arif Singosari model yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran kontekstual sehingga banyak siswa yang merasa bosan. Berkaitan dengan itu maka diperlukan model pembelajaran yang variatif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas XII Bahasa. Lokasi penelitian ini di SMA Islam Al Ma arif Singosari Kec. Singosari dengan jumlah 36 siswa yang terdiri atas 27 siswa putri dan 9 siswa putra. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancang penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi tindakan dan hasil evaluasi. Dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan (1) menyusun rencana kegiatan (2) melaksanakan tindakan (3) observasi dan (4) analisis yang dilanjutkan dengan refleksi. Setiap siklus diberikan tugas untuk mengukur hasil belajar siswa selama dua pertemuan. Indikator keaktifan yang diamati adalah sebagai berikut (1) aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikelas (2) aktivitas siswa selama pemebelajaran berkelompok. Indikator keaktifan yang diamati adalah (1) mengerjakan tugas kelompok (2) mengambil giliran dan berbagi tugas (3) bertanya (4) mendengarkan dengan aktif dan (5) berkonstribusi aktif dalam kelompok. 12288 12288 12288 12288 Siklus I pertemuan pertama masih menggunakan model pembelajaran kontekstual untuk melihat seberapa besar capaian siswa selama proses pembelajaran. Pada pertemuan kedua mulai menggunakan model pembelajaran TGT. Aktivitas pembelajaran siswa di siklus I sebesar 64 165%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 89 375%. Namun pada siklus III mengalami penurunan sebesar 83 125% hal ini dikarenakan terkendala komputer yang mengalami kerusakan. 12288 12288 12288 12288 Berdasar analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sangat penting untuk dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Keterbatasan sarana komputer membuat siswa terganggu dalam proses belajar mengajar. Seperti pada pertemuan kelima. Walaupun sudah menggunakan model pembelajaran TGT pembelajaran tidak dapat berlangsung dengan lancar bahkan cenderung menurun daripada pertemuan sebelumnya. Indikator keaktifan kerja kelompok masih belum dapat mencapai target sebesar 70%. Indikator kerjasama kelompok rata rata 62 719 % tertinggi 68 0556 % terendah 57 778 %. Jadi dengan model pembelajaran TGT dapat membantu meningkatkan keaktifan proses pembelajaran kelas. Namun untuk keaktifan kerja kelompok masih belum dapat dimaksimalkan karena terbatasnya waktu penelitan dan kendala kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |