Implementasi Integrasi Predict, Observe, Dan Explain Pada Problem Based Learning (Poe-Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xii Man Kota Batu - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Integrasi Predict, Observe, Dan Explain Pada Problem Based Learning (Poe-Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xii Man Kota Batu

Kumala, Nadya Rosma Anggi Cinta (2023) Implementasi Integrasi Predict, Observe, Dan Explain Pada Problem Based Learning (Poe-Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xii Man Kota Batu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar belum sepenuhnya diberdayakan di MAN Kota Batu. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran POE-PBL aspek guru dan siswa, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis, dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart (1990). PTK dilaksanakan menjadi empat tahap: perencanaan, tindakan, dan pengamatan, refleksi. Penelitian dilakukan pada 34 siswa kelas XII IPA 2 MAN Kota Batu. Hasil rerata keterlaksanaan pembelajaran aspek guru sebesar 80,55 pada siklus I dan 97,22 pada siklus II dengan kategori baik dan sangat baik, rerata keterlaksanaan pembelajaran aspek siswa sebesar 72,23 pada siklus I dan 91,66 pada siklus II dengan kategori cukup dan sangat baik. Hasil analisis N-gain pada tes kemampuan berpikir kritis diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,33 dengan kategori sedang. Hasil analisis N-gain pada tes kemampuan kognitif siswa diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,51 dengan kriteria sedang. Hasil analisis N-gain pada lembar observasi kemampuan afektif siswa diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,32 dengan kategori sedang. Terakhir, hasil analisis N-gain pada penilaian kemampuan psikomotorik siswa diperoleh peningkatan sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran POE-PBL dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XII IPA 2 MAN Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:40
Last Modified: 10 Oct 2023 03:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4573

Actions (login required)

View Item View Item