Pengembangan media pembelajaran animasi pada standar kompetensi menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 4 Malang / Muhammad Luthfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran animasi pada standar kompetensi menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 4 Malang / Muhammad Luthfi

Luthfi, Muhammad (2012) Pengembangan media pembelajaran animasi pada standar kompetensi menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 4 Malang / Muhammad Luthfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Animasi Research Development. Salah satu fasilitas pembelajaran dalam pengembangan kurikulum adalah media pembelajaran. SMK Negeri 4 Malang merupakan SMK yang sedang menuju sekolah bertaraf internasional sehingga fasilitas pembelajaran kompetensi guru dan kemampuan peserta didik harus memadai sesuai dengan kurikulum KTSP. Jurusan Teknik Komputer Jaringan merupakan Jurusan yang sedang mengembangkan fasilitas pembelajaran dimana media pembelajaran di Jurusan TKJ yaitu modul pembelajaran slide presentasi video pembelajaran dan laboratorium komputer yang memadai. Disamping fasilitas yang ada potensi yang terdapat di Jurusan TKJ yaitu guru yang berkompeten dan siswa yang mempunyai kemampuan diatas rata-rata. Dari uraian tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran dalam bentuk animasi yang layak dengan tujuan untuk membantu pemahaman dan menumbuhkan minat siswa pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research Development yang merujuk pada Borg Gall dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan draf produk (4) Uji coba lapangan awal (5) Merevisi hasil uji coba (6) Uji coba lapangan (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan (8) Uji pelaksanaan lapangan (9) Penyempurnaan akhir produk (10) Diseminasi dan implementasi sedangkan metode pengembangan perangkat lunak media pembelajaran ini merujuk pada model prototyping. Pengujian kelayakan perangkat lunak media pembelajaran yang dikembangkan dilakukan oleh Ahli Media Ahli Materi dan Responden. Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak digunakan ketika mencapai angka kelayakan 81.25%. Dari penelitian ini diperoleh hasil untuk Ahli Media adalah sebesar 86% Ahli Materi adalah sebesar 91% dan Responden sebesar 82%. Rata-rata hasil pengujian adalah sebesar 86% sehingga media dikatakan valid dan layak untuk digunakan. Kesimpulan dari media pembelajaran animasi yang telah dikembangkan yaitu (1) media yang dikembangkan digunakan untuk pengembangan kemampuan pebelajar pada ranah kognitif. (2) media yang dikembangkan berisi modul materi dan modul evaluasi dan (3) media yang dikembangkan mempunyai rata rata tingkat kelayakan sebesar 86% sehingga media dikatakan valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45701

Actions (login required)

View Item View Item