Ambarwati, Rany (2014) Penggunaan media pembelajaran bahasa Inggris kelas IV SDI Surya Buana Malang / Rany Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ambarwati Rany 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di SDI Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam Kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris masalah perencanaan pemilihan dan pemanfaatan media perlu dikuasai dengan baik oleh guru agar dalam pelaksanaanya guru tidak menghadapi kesulitan. Kurangnya guru menguasai tiga hal tersebut dapat mengakibatkan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa langkah yang dapat ditempuh agar tidak mengalami kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) pemilihan bahab pembelajaran (meliputi materi dan media) (3) penggunaan media pembelajaran (4) respon yang diharapkan dari siswa dan (5) melakukan evaluasi di akhir pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskrisikan (1) mendeskripsikan penyiapan media yang digunakan pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV di SDI Surya Buana Malang (2) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV di SDI Surya Buana Malang (3) mendeskripsikan jenis dan kualitas media pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV di SDI Surya Buana Malang (4) mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV di SDI Surya Buana Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Subjek wawancara adalah guru Bahasa Inggris Kepala Sekolah dan perwakilan siswa. Observasi dilakukan di dalam kelas untuk melihat penggunaan media pembelajaran Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar. Dokumentasi berupa hasil wawancara foto dan dokumen pembelajaran. Dalam penyiapan media dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV langkah-langkah yang dilakukan guru yaitu melihat materi apa yang akan diajarkan melihat seperti apa karakteristik belajar siswa kemudian merancang media apa yang sesuai dan menunjang pembelajaran. Pada SK (Standar Kompetensi) Mengeja dan Menyalin Tulisan Bahasa Inggris dengan isi materi adjective (kata sifat) guru menggunakan dua jenis media yang pertama SLB (Standar Lembar Balik) dan yang ke dua adalah permainan puzzle. Jenis media Bahasa Inggris yang biasa digunakan guru sebagai media pembelajaran bermacam-macam seperi buku paket buku cerita majalah lagu alphabet ice breaking media kartu puzzle Standar Lembar Balik dan media pendukung lain yang ada di lingkungan sekolah. Kualitas media pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan materi pelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media yaitu menyesuaikan pengembangan media dengan karakteristik siswa kesibukan guru dan siswa kurang berhati-hati dalam penggunaan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/457 |
Actions (login required)
View Item |