Pengaruh penerapan strategi pembelajaran tandur berbantuan WEB interaktif terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas VII SMPN 3 Malang / Wahyu Nur Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran tandur berbantuan WEB interaktif terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas VII SMPN 3 Malang / Wahyu Nur Hidayat

Hidayat, Wahyu Nur (2011) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran tandur berbantuan WEB interaktif terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas VII SMPN 3 Malang / Wahyu Nur Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat perlu diupayakan guru untuk memudahkan proses terbentuknya pengetahuan pada siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara optimal adalah strategi pembelajaran TANDUR. Strategi pembelajaran ini merupakan kerangka pembelajaran quantum teaching dengan metode belajar yang menyenangkan dan memberdayakan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pokok bahasan identifikasi perangkat keras komputer dan respon siswa terhadap keterlaksanaan strategi pembelajaran TANDUR berbantuan web interaktif kaitannya dengan hasil belajar. Penelitian eksperimen semu ini dilakukan di SMP Negeri 3 Malang pada semester 1 tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII reguler dengan sampel penelitian adalah kelas VII-2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelompok kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan strategi pembelajaran TANDUR sedangkan pada kelas kontrol diterapkan strategi pembelajaran inquiry. Instrumen perlakuan berupa RPP sedangkan instrumen pengukuran hasil belajar meliputi penilaian test rubrik afektif rubrik psikomotor dan respon belajar. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan uji-t dan respon siswa terhadap keterlaksanaan strategi pembelajaran kaitannya dengan sumbangan terhadap hasil belajar dengan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian. Pertama terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan thitung (6 538) ttabel (1 992) dan sig (p) 0 000 0 05 (sangat signifikan). Kedua respon siswa terhadap keterlaksanaan strategi pembelajaran TANDUR berbantuan web interaktif sangat baik dan mempunyai keterkaitan dengan hasil belajar siswa dengan sumbangsih sebesar 51 9%. Ketiga dengan adanya indikasi peningkatan rata-rata kemampuan awal dan hasil belajar siswa kelas eksperimen maka dapat diambil suatu kesimpulan adanya pengaruh penerapan strategi pembelajaran TANDUR berbantuan web interaktif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45591

Actions (login required)

View Item View Item