Pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMPI Al-Ishlah Trowulan Mojokerto / Siti Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMPI Al-Ishlah Trowulan Mojokerto / Siti Masruroh

Masruroh, Siti (2010) Pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMPI Al-Ishlah Trowulan Mojokerto / Siti Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Contextual Teaching And Learning Hasil Belajar Ceramah Bermakna TIK. Keberhasilan dalam proses pembelajaran yang dicapai oleh guru selain dari media yang digunakan juga tidak lepas dari strategi atau metode pembelajaran yang digunakan. Kepandaian guru dalam menentukan metode pembelajaran berdampak positif dalam peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah contextual teachingand learning. Contextual teaching and learning merupakan suatu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa ke dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CTL berbantuan media interaktif dengan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah bermakna berbantuan media LCD pada kompetensi dasar Membuat dokumen pengolah angka sederhana . Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif komparatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPI Al-Ishlah Trowulan Mojokerto tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 195 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu VIIId sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIIe sebagai kelompok eksperimen kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan metode ceramah bermakna berbantuan media LCD sedangkan kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL berbantuan media interaktif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kelompok (kluster). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode ceramah bermakna berbantuan media LCD dan model pembelajaran CTL berbantuan media interaktif dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VIII SMPI Al-Ishlah Trowulan Mojokerto. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan yaitu rpp silabus LKS kisi-kisi soal dan kunci jawaban dan instrumen pengukuran berupa tes akhir lembar penilaian observasi afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS For Windows. Analisis stasistik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata uji hipotesis dan uji korelasi Product Moment. iv Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 62 2 dan pada kelas eksperimen adalah 70 5 nilai rata-rata dari masing-masing kelas diuji hipotesis dengan meggunakan Uji-t dan Uji korelasi Product Moment. Uji-t digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dari Uji-t diperoleh hasil yaitu thitung. 2 173 ttabel 1 658. Sedangkan Uji korelasi Product Moment digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dari Uji korelasi Product Moment diperoleh hasil yaitu rhitung rtabel (0 496 0 316) pada kelas kontrol dan rhitung rtabel (0 528 0 329) pada kelas eksperimen. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang belajar menggunakan pembelajaran CTL berbantuan media interaktif dengan siswa yang belajar dengan metode ceramah bermakna berbantuan media LCD pada kompetensi dasar Membuat dokumen pengolah angka sederhana . Model pembelajaran CTL berbantuan media interaktif memberikan pengaruh yang positif terhadap kelas VIIIe dengan penerapan model CTL siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga hasil belajar kelas VIIIe (eksperimen) lebih tinggi dari pada kelas VIIId (kontrol).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45551

Actions (login required)

View Item View Item