Perbedaan prestasi belajar lembar sebar menggunakan strategi pembelajaran kelompok berbantuan media interaktif dibanding strategi pembelajaran kelompok berbantuan handout pada siswa kelas VIII di SMPN 16 Malang / Sulastri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar lembar sebar menggunakan strategi pembelajaran kelompok berbantuan media interaktif dibanding strategi pembelajaran kelompok berbantuan handout pada siswa kelas VIII di SMPN 16 Malang / Sulastri

Sulastri (2010) Perbedaan prestasi belajar lembar sebar menggunakan strategi pembelajaran kelompok berbantuan media interaktif dibanding strategi pembelajaran kelompok berbantuan handout pada siswa kelas VIII di SMPN 16 Malang / Sulastri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulastri. 2010. Perbedaan Prestasi Belajar Lembar Sebar Menggunakan Strategi Pembelajaran Kelompok Berbantuan Media Interaktif Dibanding Strategi Pembelajaran Kelompok Berbantuan Handout Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 16 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. (II) Drs. Setiadi C.P. M.Pd. M.T. Kata Kunci Perbedaan Pembelajaran Kelompok Media Interaktif Handout Prestasi Belajar. Media Interaktif merupakan media pengajaran yang menyajikan materi video rekaman dengan pengendalian komputer kepada siswa yang tidak hanya mendengar dan melihat video dan suara tetapi juga memberikan respon yang aktif dan respon itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian. Media interaktif yang dibuat oleh penulis berisikan materi Lembar Sebar pada pokok bahasan FUNGSI karena dalam bab FUNGSI banyak dijumpai rumus-rumus yang rumit sehingga diharapkan dengan media interaktif dapat mempermudah dalam penyelesaian soal-soal latihan khususnya pada bab FUNGSI seperti Fungsi Sum Average Min Max If And dan Or karena didalamnya dilengkapi video tutorial sehingga dengan adanya media interaktif dalam bentuk CD siswa dapat memutar CD berulang-ulang sampai siswa memahami isi materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) prestasi belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran kelompok berbantuan media interaktif pada pembelajaran Lembar Sebar di SMPN 16 Malang (2) prestasi belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran kelompok berbantuan handout pada pembelajaran Lembar Sebar di SMPN 16 Malang dan (3) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kelompok dengan berbantuan media interaktif dibanding siswa yang diajar menggunakan berbantuan handout pada pembelajaran Lembar Sebar di SMPN 16 Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan dasain pretes dan postes yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Malang tahun pelajaran 2009/2010 semester genap. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIIF sebagai kelompok eksperimen (kelompok yang diberi perlakuan menggunakan media interaktif) dan kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan menggunakan handout. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan teknik uji-t dua pihak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar menggunakan strategi pembelajaran kelompok berbantuan media interaktif telah terjadi peningkatan prestasi belajar hal ini dapat dilihat pada nilai kemampuan awal siswa dengan nilai rata-rata kelompok perlakuan sebesar 68 82 setelah diadakan postes nilai rata-rata kelompok perlakuan sebesar 89 23 (2) prestasi belajar menggunakan strategi pembelajaran kelompok berbantuan handout telah terjadi peningkatan prestasi belajar hal ini dapat dilihat pada nilai kemampuan awal siswa dengan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 68 45 setelah diadakan postes nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 77 73 dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar antara penerapan strategi pembelajaran kelompok berbantuan media interaktif dengan penerapan strategi pembelajaran kelompok berbantuan handout dengan nilai t-hitung sebesar 7 765 dan t-tabel sebesar 1 990 pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai t-hitung t-tabel. Dengan demikian dari penelitian ini disarankan diadakan penelitian lanjutan yang sejenis dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45543

Actions (login required)

View Item View Item