Haybah, Rifqi Nur (2014) Pengembangan e-module untuk materi struktur atom lintas minat IPA siswa kelas X akselerasi semester I tahun ajaran 2013/2014 SMA Negeri 1 Purwosari Pasuruan / Rifqi Nur Haybah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Haybah Rifqi Nur. 2013. Pengembangan E-Module untuk Materi Struktur Atom Lintas Minat IPA Siswa Kelas Akselerasi Semester I Tahun Ajaran 2013/2014 SMA Negeri 1 Purwosari Pasuruan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Joseph Mbulu M.Pd. (II) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Pengembangan E-module Kelas Akselerasi dan IPA SMA. E-module merupakan media pembelajaran yang berisi materi batasan dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang berbasis teknologi komputer. Kelas akselerasi merupakan kelas yang dikhususkan bagi siswa berkemampuan lebih untuk menyelesaikan studinya lebih cepat dari kelas lainnya. Media pembelajaran e-module ini sesuai untuk kelas akselerasi pembelajaran Struktur Atom Kimia IPA SMA sebab siswa bisa belajar mandiri di rumah. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan suatu produk e-module yang layak dan valid sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA SMA pembelajaran struktur atom. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Dania L. Owens langkah-langkah pengembangan yaitu analisis dan penilaian desain pengembangan dan implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi pengembangan adalah siswa kelas X Akselerasi SMA Negeri 1 Purwosari Pasuruan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (tes hasil belajar) dan kualitatif (instrumen ahli media ahli materi dan siswa). Media ini divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi diujicobakan pada 10 siswa 5 siswa tes hasil belajar kelompok kecil dan 10 siswa tes hasil belajar klasikal. Setelah dianalisis hasil validasi e-module ini dari data angket ahli media dinyatakan valid (persentase 81 67%) dari data angket ahli materi dinyatakan valid (persentase 83 33%) dan dari data angket siswa dinyatakan valid (80 25%). Pada hasil belajar dari uji coba kelompok kecil dinyatakan efektif (persentase 80%) dan dari uji coba lapangan dinyatakan efektif (persentase 80%). Hasil-hasil tersebut menunjukkan bahwa e-module ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas dan menunjukkan bahwa e-module ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Struktur Atom Kimia IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa e-module ini valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA SMA pembelajaran struktur atom
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/455 |
Actions (login required)
View Item |