Uji Perbaikan Retakan Dinding Akibat Geser dengan Kawat Ayam / Rizkya Imro'atul Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji Perbaikan Retakan Dinding Akibat Geser dengan Kawat Ayam / Rizkya Imro'atul Fauziah

Fauziah, Rizkya Imro'atul (2018) Uji Perbaikan Retakan Dinding Akibat Geser dengan Kawat Ayam / Rizkya Imro'atul Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah Rizkya Imro atul. 2018. Uji Perbaikan Retakan Dinding Akibat Geser dengan Kawat Ayam. Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Drs. Adjib Karjanto S.T. M.T. (II) Drs. Boedya Djatmika S.T. M.T. Kata Kunci Dinding Batu Bata Kuat Geser Diagonal Kawat Ayam. Dinding merupakan salah satu struktur bangunan yang berfungsi melindungi penghuni dari serangan hewan buas angin dan hujan. Dinding pasangan batu bata sering kali menjadi pilihan utama karena biaya yang terjangkau mudah dalam pemasangannya dan kemampuannya dalam meredam panas. Pada kenyataan dilapangan terutama pada rumah sederhana dinding didesain sebagai komponen pengisi bukan struktural tetapi dijadikan tumpuan beban diatasnya. Sehingga bila terkena getaran gempa yang tinggi akan terjadi keretakan dengan arah diagonal yang disertai dengan reduksi kekuatan karena Indonesia merupakan negara yang berpotensi terjadi gempa sangat tinggi. Untuk menangani dinding yang retak tersebut perlu adanya perbaikan dan perkuatan pada bagian-bagiannya yang rusak tanpa harus dirobohkan. Perbaikan dinding pada penelitian ini menggunakan perkuatan kawat ayam. Tujuan dalam penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui besar kuat geser dinding batu bata tanpa perkuatan kawat ayam (2) Untuk mengetahui besar kuat geser dinding batu bata dengan perkuatan kawat ayam (3) Untuk mengetahui besar kuat geser dinding batu bata yang diperbaiki dengan perkuatan kawat ayam (4) Untuk mengetahui perbedaan secara signifikan nilai kuat geser dinding batu bata tanpa perkuatan dengan perkuatan dan perbaikan menggunakan perkuatan kawat ayam. Rancangan penelitian ini ialah deskriptif eksperimental dengan benda uji berupa dinding batu bata berukuran 50 cm x 50 cm dengan ketebalan 14 cm dan ditengah plesteran ditanam kawat ayam. Pada celah retakan diberi adukan semen. Kemudian hasilnya dibandingkan dengan dinding batu bata tanpa perkuatan. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Keseluruhan benda uji berjumlah 9 buah. Hasil penelitian ini meliputi (1) uji kuat geser diagonal dinding batu bata tanpa perkuatan kawat ayam memperoleh nilai rerata 1 16 kg/cm2 (2) uji kuat geser diagonal dinding batu bata dengan perkuatan kawat ayam memperoleh nilai rerata 1 21 kg/cm2 (3) uji kuat geser diagonal dinding batu bata perbaikan dengan perkuatan kawat ayam memperoleh nilai rerata 4 04 kg/cm2 dan (4) ada perbedaan pada signifikan 945 0 05 nilai kuat geser dinding batu bata tanpa perkuatan dengan perkuatan dan perbaikan menggunakan perkuatan kawat ayam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45452

Actions (login required)

View Item View Item