Fadilla, Viska Nuur (2023) Pengembangan E-Modul Berbantuan Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Kelas X OTKP Di SMK Muhammadiyah 1 Kertosono). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
E-module merupakan salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam megikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas, karena di dalam e-module dapat berisikan gambar, musik, dan video. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menghasilkan media pembelajaran berupa e-module pada mata pelajaran Administrasi Umum menggunakan aplikasi Flipbook PDF Professional, (2) Mengetahui kelayakan e-module pada mata pelajaran Administrasi Umum menggunakan aplikasi Flipbook PDF Professional (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya e-module pada mata pelajaran Administrasi Umum menggunakan Flipbook PDF Professional. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Data dalam penelitian ini terdiri dari 2 jenis, yaitu data kuantitatif & data kualitatif yang diambil dari wawancara, angket, dan tes soal kognitif maupun psikomotorik. Validasi dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi serta 6 orang peserta didik untuk uji coba kelompok kecil. Data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran dari validator serta pengguna (peserta didik), data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor angket dari validasi ahli media, validasi ahli materi serta angket dari pengguna. Validasi ahli media dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang, validasi ahli materi dilakukan oleh guru mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Muhammadiyah 1 Kertosono. Hasil penelitian menunjukkan e-module menggunakan aplikasi Flipbook PDF Professional yang dikembangkan peneliti memiliki interpretasi baik dari ahli media maupun ahli materi, yang berarti bahwa media e-module tersebut sangat valid dan layak untuk digunakan, dan hasil uji coba kelompok kecil menarik dan mudah dipahami. Setelah melaksanakan proses pembelajaran pada kelas ekperimen dan kelas kontrol diperoleh rata- rata nilai posttest aspek kognitif maupun aspek psikomotorik untuk kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai yang diperoleh dari kelas kontrol. Jadi berdasarkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa Pengembangan E-Module Menggunakan Aplikasi Flipbook PDF Professional Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum mengalami peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media e-module. Adapun saran yang diberikan untuk peneliti yaitu mempelajari dan memahami lebih mendalam aplikasi Flipbook PDF Professional, supaya produk yang nanti akan dikembangkan lebih inovatif lagi, mengembangkan materi yang lebih luas lagi untuk menambah wawasan peserta didik. Selanjutnya disarankan pada peneliti untuk melakukan validasi tidak berpacu pada satu orang, supaya kualitas e-module lebih baik lagi dan hasil validasi lebih valid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:34 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:34 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4534 |
Actions (login required)
View Item |