Pengaruh penggunaan mobile learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa daerah kelas VIII di SMPN 1 Kota Mojokerto / Rizka Lutfia Erinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan mobile learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa daerah kelas VIII di SMPN 1 Kota Mojokerto / Rizka Lutfia Erinda

Erinda, Rizka Lutfia (2014) Pengaruh penggunaan mobile learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa daerah kelas VIII di SMPN 1 Kota Mojokerto / Rizka Lutfia Erinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Erinda Rizka Lutfia. 2013. Pengaruh Penggunaan Mobile Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Kelas VIII di SMPN 1 Kota Mojokerto. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Mobile Learning Bahasa Daerah Hasil Belajar Pembelajaran bahasa daerah di SMPN 1 Kota Mojokerto selama ini mayoritas gurunya mengajar menggunakan media papan tulis dan metode pendekatan pembelajaran didominasi guru.Selain itu dalam penyampaian materi guru kurang memberikan rangsangan pada siswa karena keterbatasan metode dan media pembelajaran.Sehingga kegiatan belajar mengajar terasa membosankan dan hasil belajarnya rendah serta kurangnya motivasi siswa.Salah satu cara untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan memanfaatkan media mobile learningyang memanfaatkan kecanggihan suatu handphonesmartphone yang mempunyai sistem operasi android yang telah dikembangkan oleh Pandu Esteria Ridho dan Riyan dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Media ini dipilih karena memiliki beberapa kelebihan bisa meningkatkan efektifitas penyampaian materi bisa menarik perhatian dan motivasi belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran yang menggunakan media mobile learning dengan yang tidak menggunakan media mobile learning terhadap hasil belajar bahasa daerah siswa kelas VIII SMP.Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan postest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t-test.Hasil penelitian dari perhitungan uji hipotesis pada taraf signifikansi 0 05dengan derajat kebebasan (dk 58) diperoleh nilai probabilitas (sig) adalah 0.000.Nilai signifikansi 0.000 0.05.makadapat disimpulkan Ho ditolak berarti ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran yang menggunakan media mobile learningdengan yang tidak menggunakan media mobile learning terhadap hasil belajar bahasa daerah siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Mojokerto.Saran yang diajukan untuk guru bidang studi bahasa daerahagar mengoptimalkan penggunaan media mobile learning hanacaraka sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar bahasa daerah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item