Yannuar, Nurenzia and Shitadevi, Ida Ayu and Eliyanah, Evi and Choiron, Nabhan F. and Basthomi, Yazid (2021) Pelatihan bahasa Indonesia sebagai heritage language bagi masyarakat Belanda secara daring. Prosiding Hapemas, 2 (1). pp. 352-361.
Full text not available from this repository.Abstract
Bagi sebagian kecil penduduk Belanda, bahasa Indonesia adalah sebuah heritage language, sebuah bahasa yang memiliki keterkaitan dengan orang tua, kakek nenek, ataupun nenek moyang mereka. Mereka yang terlahir di Belanda ini fasih berbahasa Belanda sebagai bahasa ibu, dan biasanya lancar dalam berbahasa Inggris. Bahasa Indonesia mereka kenal dari keluarga berupa fragmen kata atau potongan kalimat yang sering digunakan dalam konteks tertentu. Pada titik tertentu, mereka lalu memiliki keinginan untuk belajar Bahasa Indonesia secara formal untuk mendekatkan diri pada identitas dan jati diri mereka yang berasal dari Indonesia. Bekerjasama dengan sebuah organisasi yang bernama INYS (The Indonesia Nederland Youth Society), kami merancang sebuah pengabdian masyarakat yang salah satu kegiatannya adalah memberikan pelatihan bahasa lintas benua dengan moda daring. Pelatihan ini berlangsung seminggu sekali selama total 10 minggu. Setiap minggu guru dan siswa bertemu melalui Zoom selama 90 menit. Artikel kami memaparkan berbagai hal yang mendasari perancangan kegiatan, moda dan media yang dipakai, tantangan yang dihadapi, serta hasil kegiatan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam merancang kegiatan lanjutan. Hasil utama pelatihan ini adalah memberikan ketersediaan ruang, jarak, waktu, dan akses terhadap kelas bahasa Indonesia di Belanda yang selama ini menjadi masalah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Laporan Karya Ilmiah FS |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 04:17 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 04:17 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4489 |
Actions (login required)
View Item |