Pencahayaan dan kenyamanan kantor tata usaha fakultas di Universitas Negeri Malang / Reza Dwi Antoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pencahayaan dan kenyamanan kantor tata usaha fakultas di Universitas Negeri Malang / Reza Dwi Antoro

Antoro, Reza Dwi (2019) Pencahayaan dan kenyamanan kantor tata usaha fakultas di Universitas Negeri Malang / Reza Dwi Antoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Antoro Reza Dwi. 2018. Pencahayaan dan Kenyamanan Kantor Tata Usaha Fakultas di Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sutrisno ST. M.Pd. Kata Kunci pencahayaan kenyamanan pencahayaan Standart pencahayaan di perkantoran telah di atur dalam undang-undang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencahayaan kantor tata usaha fakultas di Universitas Negeri Malang selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap kenyamanan pencahayaan kantor tata usaha fakultas di Universitas Negeri Malang Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua data yang diambil yaitu data pencahayaan ruang-ruang Tata Usaha Universitas Negeri Malang dan data persepsi kenyamanan pengguna pencahayaan. Data pencahayaan ruang di peroleh dengan menggunakan alat lux meter sedangkan data persepsi kenyamanan pengguna didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada staff tata usaha fakultas di Universitas Negeri Malang dengan jumlah masing-masing pada setiap fakultas 5 orang. Dari pengukuran tingkat pencahayan lux meter akan dibandingkan dengan standart yang ditentukan kepmenkes RI No.1405 / menkes / SK / XI / 2002 sedangkan data persepsi pengguna terhadap tingkat kenyamanan pencahayaan akan dideskripsikan berdasarakan skala nilai yang ditentukan. Hasil pada penelitian ini adalah kondisi pencahayaan pada kantor tata usaha fakultas di Universitas Negeri Malang rata-rata belum sesuai standart yang ditentukan kepmenkes RI No.1405/menkes/SK/XI/2002 yang menyebutkan bahwa pencahayaan kantor harus mencapai 300 lux untuk bisa dikatakan standar hanya pada ruang tata usaha FIP yang sudah masuk standarat. Sedangkan Persepsi pengguna terhadap kenyamanan pencahayaan kantor tata usaha fakultas di Universitas Negeri Malang secara keseluruhan masuk kategori cukup nyaman tetapi pencahayaan pada FMIPA terjadi gangguan kesehatan mata dan pada FE dan FS terjadi pencahayaan silau. Tidak terjadi hubungan yang linier antara tingkat pencahayaan dengan persepsi pengguna tentang kenyamanan pencahayaan kantor tata usaha fakultas di Universitas Negeri Malang dan adanya kecenderungan yang berbeda tentang persepsi kenyamanan pencahayaan pada setiap individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44522

Actions (login required)

View Item View Item