Model Integrasi Bimbingan Kejuruan pada Kompetensi Produktif untuk Meningkatkan Employability Skills Siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin - Repositori Universitas Negeri Malang

Model Integrasi Bimbingan Kejuruan pada Kompetensi Produktif untuk Meningkatkan Employability Skills Siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin

Pradhana, Kurnia Gangga (2020) Model Integrasi Bimbingan Kejuruan pada Kompetensi Produktif untuk Meningkatkan Employability Skills Siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan kejuruan yang bertujuan menghasilkan tenaga kerja terampil dan mampu bekerja dibidang tertentu. Link and match SMK dan dunia kerja ditentukan tingkat adaptasi lulusan yang siap diserap industri. Industri menyerap kebutuhan tenaga kerja berdasarkan kriteria segenap aspek kemampuan yang dibutuhkan berupa employability skills. Employability skills dari industri merupakan komponen yang harus diintegrasikan pada pembelajaran di SMK. Tujuan penelitian untuk mengetahui integrasi employability skills industri dan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta mengembangkan dan mengetahui efektivitas model integrasi bimbingan kejuruan pada kompetensi produktif untuk meningkatkan employability skills siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin. Metode pengembangan menggunakan model Borg and Gall. Tahap awal dilakukan penelitian pendahuluan dan studi literatur, guna mengumpulkan informasi dan gambaran terkait pengembangan model bimbingan kejuruan employability skills. Tahap kedua melakukan perencanaan model bimbingan kejuruan employability skills yang diintegrasikan pada RPP kompetensi produktif Paket Keahlian Teknik Mesin. Tahap ketiga merupakan awal pengembangan dengan melakukan pembentukan rancangan desain model integrasi bimbingan kejuruan melalui sorotan pendapat para ahli. Para ahli terdiri dari ahli rancangan pembelajaran kompetensi produkif, ahli pengembangan model bimbingan kejuruan, dan ahli employability skills industri. Evaluasi ahli menentukan aspek kelayakan produk. Tahap keempat melakukan ujicoba lapangan terbatas terhadap purwarupa model integrasi bimbingan kejuruan. Tahap kelima merevisi model integrasi bimbingan kejuruan dengan memperhatikan hasil dari ujicoba terbatas. Tahap keenam melakukan uji lapangan yang lebih luas. Tahap ketujuh merevisi model integrasi bimbingan kejuruan dengan memperhatikan hasil ujicoba lapangan lebih luas, sehingga model siap untuk dilakukan uji kelayakan operasional implementasi. Implementasi dilakukan pada tahap kedelapan dengan rangkaian uji coba kelayakan operasional terhadap subjek penelitian. Subjek penelitian merupakan siswa dari 5 SMK di Jawa Timur yang telah menjalin kerjasama dengan industri, sebanyak 150 orang. Hasil uji kelayakan dianalisa dengan menggunakan Uji-T untuk mengetahui perbedaan subjek sebelum dan setelah menggunakan produk pengembangan. Tahap kesembilan melakukan revisi final terhadap produk pengembangan. Tahap kesepuluh merupakan tahap terakhir dengan melakukan desiminasi dan implementasi produk. Temuan penelitian menunjukkan bahwa employability skills merupakan materi yang dibutuhkan industri dan dapat diaplikasikan pada komponen RPP. Temuan penelitian diwujudkan melalui produk panduan integrasi bimbingan kejuruan pada RPP agar materi employability skills terimplementasikan pada pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa produk memberikan peningkatan yang signifikan terhadap employability skills siswa SMK. Disarankan model integrasi bimbingan kejuruan employability skills diaplikasikan pada RPP pembelajaran produktif di SMK sebagai program link and match dengan industri. Pengembangan yang mungkin pada model integrasi bimbingan kejuruan employability skills dengan merubah aspek employability skills, struktur bimbingan kejuruan dan letak komponen integrasi pada pembelajaran. Setiap industri memiliki kebutuhan employability skills yang beragam, sehingga setiap SMK bisa menyesuaikan dengan kebutuhan industri pasangan masing-masing. Aspek struktur bimbingan kejuruan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggaraan kurikulum setiap SMK, bahkan pada program keahlian tertentu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:56
Last Modified: 06 Oct 2023 06:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4450

Actions (login required)

View Item View Item