Studi perbandingan antar jenis pemodelan kurva hubungan tegangan-regangan pada beton bertulang <BR>oleh Fatikhul Lazim - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi perbandingan antar jenis pemodelan kurva hubungan tegangan-regangan pada beton bertulang <BR>oleh Fatikhul Lazim

Lazim, Fatikhul (2002) Studi perbandingan antar jenis pemodelan kurva hubungan tegangan-regangan pada beton bertulang <BR>oleh Fatikhul Lazim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dilihat dari kenyataan sehari-hari banyak dari kalangan praktisi yang mengunakan analisis penampang dengan mengunakan blok tegangan yang telah desederhanakayna itu blok teganganp erseglW hitney. Seiring denganp esatnyai lmu pengetahuand an teknologi banyak dari kalangan para ahli melakukan penelitian untuk menemukan teori-teori baru. Dalam bidang struktur bangunan terutama struktur bangunan beton banyak yang melakukan penelitian tentang prilaku beton sepertiK ent dan Park (19971-an) A zizinamini pada tatrun (1988). Dari berbagai penelitian tersebut dihasilkan kurva hubungan tegangan-reganganya ng beraneka ragam.A dapunj ika dikaji ulang denganm enganalisas ecarat eoritis terhadapa spekaspekt egangan-reganganku rva-kurva tersebutjustru akan menghasilkann ilai yang beragamp ula. Tujuan dari penelitian ini adalahu ntuk mendapatkanje nis pemodelank urva yang paling mendekati dengan kenyataan dengan cara menganalisis dan membandingkana ntaxb eberapam acam model ktrrva hubungant egangan-regangan sehingga dapat dipakai sebagai dasar pertimbangan dalam penentuan kapasitas penampang. Bendau ji yang digunakand alam penelitiani ni adalahp enampangk olom bulat dengan tinggi 875 mm dan berdiameter 175 mm sedangkan untuk tulangan longitudinalnya dipakai 6 0 10.75 mm dan untuk tulangan lateralnya dipakai g 7.25 mm dengan jarak spasi 172 mm data tentang luasan tulangan diperoleh dari data aktual dari hasil pengujian sebelum tulangan digunakan untuk ekeperimen. Adaprur untuk analisist eoritisnyat etap mengunakanp enampangd engan 175x 175m m untuk persegi dan 0 175 mm untuk kolom bulat untuk tulangan longitudinalnya tetap pakai 6 0 10.75m m dan untuk tulanganl ateralnyas amad ipakai g 7.2.5m m sedangkan ti uk nilai Tegangan betonnya (fc ) dipakai 22.18 Mpa dan untuk bajanya dipakai (ty) 436.33 Mpa nilai fc dan fy didasarkan pada data hasil pengujian seberum melakukane sperimen. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Jurusan Teknik sipil Fakultas Teknik sipil dan PerencanaaInT S Surabayat a nggal 22 November2 001. Rancangan penelitiany ang digunakana dalatrm enganalisaa spek-aspekt gangan-regangapna da masing-masing teori selanjutnya membandingkan antara hasil teoritis- dengan eksperimen. Hasil penelitianm enunjukanb ahwap erbedaana ntaraa nalisiss ecarat eoritis denganh asile ksperimenra ta-ratas angabt esary aitu Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilalcukan penelitian lebih lanjut khususnya membandingkan analisa penampang kolom yang menggunakank urva hubungan tegangan-regangand ari para ahli dengan bentuk P.Tqplnq kolom yang tidak beraturan setelah itu hasilnya dibandingkan dengan hasil dari ekesperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44498

Actions (login required)

View Item View Item