Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar / Randi Surya Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar / Randi Surya Kurniawan

Kurniawan, Randi Surya (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar / Randi Surya Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Kurniawan Randi Surya. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro ST. M.Pd (II) Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Prestasi Belajar dan Simulasi Digital Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Simulasi Digital kelas X DPIB 2 SMK N 1 Udanawu Blitar terdapat prestasi siswa rendah dalam mata pelajaran tersebut. Siswa masih kurang terampil dalam memecahkan masalah dan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang memiliki fokus interaksi siswa dengan guru dan pemecahan masalah nyata oleh siswa sehingga siswa tidak pasif dalam proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran ini dilakukan dengan 5 tahapan yaitu (1) memberikan orientasi permasalahan kepada siswa (2) mengorganisasikan siswa untuk melakukan kajian (3) membimbing siswa secara individu maupun kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisis mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar kelas X DPIB 2 mata pelajaran Simulasi Digital. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi keterlaksanaan penerapan model pembelajaran problem based learning oleh observer lembar observasi hasil belajar siswa dan tes prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learnig dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan terampil dalam menyelesaikan masalah. Hal tersebut didasarkan pada peningkatan persentase ketuntasan prestasi belajar siswa dari persentase pra-tindakan sebesar 71 43% menjadi 91 40% pada siklus I dan 97 15% pada siklus II. Berdasarkan kesimpulan tersebut diajukan saran yaitu (1) penggunaan model pembelajaran problem based learning sangat efektif diterapkan guru dalam pelajaran simulasi digital (2) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran harus selalu ditingkatkan agar bersifat Student Center (3) peningkatan prestasi belajar siswa harus dipertahankan agar selalu pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44470

Actions (login required)

View Item View Item