Pengaruh mata kuliah kependidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah kajian praktik lapangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan / Muhammad Khaliq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh mata kuliah kependidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah kajian praktik lapangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan / Muhammad Khaliq

Khaliq, Muhammad (2018) Pengaruh mata kuliah kependidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah kajian praktik lapangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan / Muhammad Khaliq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khaliq Muhammad. 2017. Pengaruh Mata Kuliah Kependidikan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Kajian Praktik Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Skripsi Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Drs. Mujiyono M.Pd. Pembimbing 2 Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. Kata kunci mata kuliah kependidikan motivasi belajar hasil belajar mata kuliah kajian praktik lapangan. Pendidikan sebagai suatu sistem tentunya mempunyai masalah yang harus diperbaiki dan dikembangkan. Permasalahan pendidikan meliputi dari dalam lingkup pendidikan dan diluar lingkup pendidikan. Permasalahan dari dalam lingkup pendidikan salah satunya seperti cara mengajar pendidik yang kurang baik. Tujuan mahasiswa PTB menempuh mata kuliah kependidikan adalah untuk memiliki kemampuan mengajar sesuai dengan tuntutan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang mencetak lulusannya sebagai seorang pendidik. Pembinaan kemampuan seorang pendidik di tempuh dalam mata kuliah Kajian Praktik Lapangan (KPL). Kenyataan dilapangan penerapan KPL masih belum baik. Penerapan KPL belum baik kemungkinan disebabkan oleh motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa yang tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah kependidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah Kajian Praktik Lapangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasisme. Penelitian ini menggunakan analisis pengaruh langsung dan tidak langsung. Instrumen penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa PTB angkatan 2013 offering A B C dan D Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Analisis hasil instrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas. Sedangkan analisis hasil belajar mata kuliah kependidikan dan kajian praktik lapangan (KPL) menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar mata kuliah kependidikan mahasiswa Baik dengan nilai 72. (2) Motivasi Belajar mahasiswa Sangat Baik dengan interval nilai 76-100. (3) Hasil belajar mata kuliah KPL Sangat Baik dengan interval nilai 85-100. (4) Tidak ada pengaruh langsung mata kuliah kependidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah KPL. (5) Tidak ada pengaruh tidak langsung mata kuliah kependidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah KPL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung maupun tidak langsung mata kuliah kependidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah KPL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44427

Actions (login required)

View Item View Item