Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran konstruksi bangunan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X TGB 2 SMK Negeri 6 Malang / Adriana Hunggu Rami - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran konstruksi bangunan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X TGB 2 SMK Negeri 6 Malang / Adriana Hunggu Rami

Rami, Adriana Hunggu (2017) Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran konstruksi bangunan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X TGB 2 SMK Negeri 6 Malang / Adriana Hunggu Rami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hunggu Rami Adriana. 2017. Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar pada pembelajaran konstruksi bangunan melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas X TGB 2 SMK Negeri 6 Malang. Jurusan Teknik Sipil Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (SI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. M. Sugandi S.T. M.T. Pembimbing (II) Dr. H. A. Dardiri M. Pd. Kata Kunci model pembelajaran problem based learning motivasi belajar prestasi belajar. Latar penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar siswa yang rendah dari Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM). Kelemahan ini diduga karena proses pembelajaran dikelas yang kurang menarik sehingga perlu adanya inovasi pembelajaran salah satu metode pembelajaran yang dipilih dan sesuai dengan analisis adalah Problem Based Learning (PBL). PBL atau pembelajaran berbasis masalah meliputi pengajuan pertanyaan atau masalah memusatkan pada keterkaitan antar disiplin penilaian autentik kerjasama dan menghasilkan karya serta peragaan. Pembelajaran berbasis masalah tidak dirancang untuk membantu guru memberikan informasi sebanyak-banyaknya pada siswa. Pembelajaran berbasis masalah antara lain bertujuan membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berfikir dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran konstruksi bangunan dengan penerapan model Problem PBL (2) meningkatkan motivasi belajar siswa dan (3) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TGB 2 SMK Negeri 6 Malang dengan menggunakan model PBL. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan Pelaksanaan pembelajaran dikelas motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari dari hasil pengamatan dan hasil tes siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil yang diperoleh yaitu (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PBL pada siklus I diperoleh persentase keterlaksanaan sebesar 63 63% dan meningkat pada siklus II sebesar 87 87. (2) Motivasi belajar siswa melalui penerapan model PBL pada siklus I diperoleh persentase sebesar 60 42% dan meningkatan pada siklus II menjadi 81 25. (3) prestasi belajar siswa dengan penerapan model PBL pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 66 66% dan pada siklus II meningkat menjadi 96 96%. Hal ini menunjukan bahwa keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran oleh guru dengan model PBL berjalan dengan baik rasa ingin tau siswa akan materi yang diberikan guru mengalami peningkatan dengan penerapan model PBL pemahaman siswa tentang materi yang telah diberikan guru mengalami peningkatan dengan model PBL. Model PBL berdampak positif terhadap kegiatan pembelajaran konstruksi bangunan. Hal ini terbukti dari data siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. ABSTRACT Hunggu Rami Adriana. 2017. Improving Learning Motivation and Achievement on Building Construction subjeck through Problem Based Learning (PBL) Model in Grade Bulding Drawing Angineering at state vocational school 6 Malang. Undergraduate Thesis Department of Civil Engineering Study Program of Building Engineering Education Faculty of Engineering State University of Malang Supervisors (I) Dr. R. M. Sugandi S.T. M.T. Pembimbing (II) Dr. H. A. Dardiri M. Pd. Keywords learning model of problem based learning learning motivation learning achievement. The study is conducted due to the fact that students learning motivation and achievement are under the minimum completeness criteria. These weaknesses are believed because the learning process is not interesting at class so it requires the learning innovation. One of learning methods that is chosen and in line to the analysis is Problem Based Learning (PBL). It involves questioning focusing on the interrelated of discipline authentic assessment cooperation and producing a masterpiece and exhibition. Problem Based Learning is not intended to help teachers give information as much as possible to students however it aims to help students develop their thinking skill and problem solving skill. This study aims to (1) find out the implementation of building construction learning through the use of PBL model (2) improve students learning motivation and (3) improve students learning achievement in X TGB 2 of SMK Negeri 6 Malang by applying PBL model. This study uses Classroom Action Research (CAR). It is done in two cycles by using observation and test items as data collection technique. Based on the research findings it can be concluded that PBL model is able to improve learning implementation at class students learning motivation and achievement. It is proved through the observation and students tests results that shows the improvement from cycle I to cycle II. The research findings were (1) The learning implementation that used PBL model obtained percentage of 63.63% on cycle I and it improved to be 87.87% on cycle II. (2) Students learning motivation that was through PBL model implementation got 60.42% on cycle I and it increased into 81.25% on cycle II. (3) Students learning achievement that was through PBL model implementation obtained completeness percentage of 66.66% on cycle I and it became 96.96% on cycle II. Those results show that the implementation of lesson plan by teachers using PBL model runs well. In addition students curiosity towards the materials that will be given by teachers is improved and students comprehension towards the materials is also improved through PBL model implementation. Since there is improvement from cycle I to cycle II data PBL model gives positive effect towards the learning activities on building construction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44350

Actions (login required)

View Item View Item