Widarsyah, David Putra (2017) Pengaruh persepsi siswa pada kompetensi pedagogik dan profesional guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK se-kota Malang / David Putra Widarsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widarsyah David Putra. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa pada Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Se-Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd (II) Dr. R. M. Sugandi M.T. Kata kunci kompetensi pedagogik guru kompetensi profesional guru minat berwirausaha siswa Pada dunia pendidikan guru disyaratkan untuk memiliki kompetensi pedagogik profesional kepribadian dan sosial. Kompetensi yang berpengaruh besar dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif ialah kompetensi pedagogik dan profesional. Pembelajaran yang efektif akan menimbulkan minat belajar siswa terutama pada mata pelajaran kewirausahaan. Pentingnya pendidikan kewirausahaan yaitu membekali siswa untuk berwirausaha. Peran guru kewirausahaan yaitu mengkonstruksi minat berwirausaha siswa. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK paket keahlian Teknik Gambar Bangunan Se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket tertutup. Data penelitian yang diperoleh berupa hasil jawaban responden dari pengisian angket. Hasil analisis menunjukan bahwa siswa menilai kompetensi pedagogik guru kewirausahaan 82 66% dengan kriteria sangat baik dan kompetensi profesional guru kewirausahaan 82 41% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan minat berwirausaha siswa sebesar 81 41% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y 10 922 0 639 X1 0 529 X2 yang menunjukkan bahwa variabel kompetensi pedagogik berpengaruh positif sebesar 0 639 dan variabel kompetensi profesional berpengaruh positif sebesar 0 529. Hasil uji Product Moment Pearson (r) diperoleh (X1) terhadap ( Y) sebesar 0 934 dan (X2) terhadap (Y) sebesar 0 827. Hasil uji koefisien determinasi simultan (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0 283 atau 28 3% dan sisanya 71 7% dipengaruhi oleh variabel lain yang lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh persepsi siswa pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK paket keahlian Teknik Gambar Bangunan Se-Kota Malang. ABSTRACT Widarsyah David Putra. 2017. The Influence of Students Perceptions on Pedagogical and Professional Competence of Entrepreneurship Teacher toward Students Entrepreneurship Interest in Building Drawing Engineering Program at Vocational High School in Malang City. Thesis Civil Engineering Education Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd (II) Dr. R. M. Sugandi M.T. Keywords teacher s pedagogical competence professional competence of enterpreneursip teacher students entrepreneurship interest In educational environment teachers are required to have pedagogical professional personality and social competences. Competences that have great influence in supporting effective learning process are pedagogical and professional competences. Effective learning will generate students interest in learning especially on entrepreneurship subject. The importance of entrepreneurship education is to equip students to be an entrepreneur. The role of entrepreneurship teachers is to construct students entrepreneurship interests. This study aims to determine the influence of pedagogical competence and professional competence of entrepreneurship teachers towards vocational high school students entrepreneurship interests in building image engineering major around Malang city. This research uses descriptive quantitative research design. Data collection was done by using closed questionnaires instrument. Research data obtained in the form of results of respondents answers from charging questionnaires. The results of the analysis showed that students assess the pedagogical competence of entrepreneurship teachers 82 66% with very good criteria and professional competence of entrepreneurial teachers 82 41% with very good criteria. While students entrepreneurship interests are 81 41% with very good criteria. The results of multiple regression analysis obtained equation Y 10 922 0 639 X1 0 529 X2 which indicate that pedagogical competence variable have positive effect equal to 0 639 and professional competence variable have positive effect equal to 0 529. The result of Product Moment Pearson (r) test obtained (X1) to (Y) equal to 0 934 and (X2) to (Y) equal to 0 827. Results of simultaneous coefficient determination test (R2) obtained Adjusted R Square value of 0 283 or 28 3% and the remaining 71 7% influenced by other variables others. Based on the results of the research it can be concluded that there are influence of students perceptions on pedagogical and professional competence of entrepreneurship teacher toward students entrepreneurship interest in building drawing engineering program at vocational high school in malang city.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44338 |
Actions (login required)
View Item |