Pengembangan media e-learning articulate storyline 2 pada mata pelajaran konstruksi bangunan / Gita Seftiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-learning articulate storyline 2 pada mata pelajaran konstruksi bangunan / Gita Seftiasari

Seftiasari, Gita (2017) Pengembangan media e-learning articulate storyline 2 pada mata pelajaran konstruksi bangunan / Gita Seftiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Seftiasari Gita. 2017. Pengembangan Media E-Learning Articulate Storyline 2 pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran E-Learning Articulate Storyline 2 Rendahnya motivasi belajar siswa secara tidak langsung berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini juga nampak pada mata pelajaran konstruksi bangunan di SMKN 6 Malang serta SMK Nasional Malang. Siswa kurang tertarik dan kurang antusias dalam belajar sehingga materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tidak bisa dipahami secara keseluruhan. Untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar salah satu caranya adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. Berdasarkan beberapa kajian pustaka media yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah Articulate Storyline 2. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran serta untuk mengetahui kelayakan produk dan respon siswa terhadap produk yang telah dibuat. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada metode Borg dan Gall yang telah dimodifikasi dengan tahapan (1) potensi dan masalan (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) produk akhir. Dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan instrumen berupa angket yang dibagikan dan diisi oleh ahli media ahli materi uji coba lapangan. Jenis data yang dihasilkan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari nilai yang terdapat pada angket yang telah diisi oleh subjek uji coba sedangkan data kualitatif didapatkan dari saran dan masukan ahli media serta ahli materi. Media pembelajaran ini telah diuji nilai kelayakannya yaitu sebesar 86 % untuk kelayakan media 82 % untuk kelayakan materi serta 81 737 % untuk respon siswa terhadap media. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media e-learning articulate storyline 2 pada mata pelajaran konstruksi bangunan dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44311

Actions (login required)

View Item View Item