Analisis penerapan penilaian pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran produktif program keahlian teknik gambar bangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mojokerto tahun ajaran 2016/2017 / Bayu Ariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan penilaian pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran produktif program keahlian teknik gambar bangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mojokerto tahun ajaran 2016/2017 / Bayu Ariani

Ariani, Bayu (2017) Analisis penerapan penilaian pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran produktif program keahlian teknik gambar bangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mojokerto tahun ajaran 2016/2017 / Bayu Ariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariani Bayu. 2017. AnalisisPenerapan Penilaian Pembelajaran Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mojokerto. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno M.Pd. (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T Kata Kunci Penilaian Portofolio Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Gambar Bangunan Mata Pelajaran Produktif Penelitianini merupakankajian terhadap pelaksanaan penilaian portofolio di SMK Negeri 1 Mojokerto pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan.Fokus kajian meliputi pelaksanaan dan input program penerapan penilaian portofolio. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2017 sampai 26 Maret 2017 dengan memposisikan peneliti sebagai instrumen dengan memanfaatkan dokumen penilaian. Penelitianmenggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan wawancara mendalam catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk memperkuat penelitian pemeriksaan keabsahan data dilakukan melaluiperpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan pertama prosedur pelaksanaan penilaian portofolio meliputi a) aspek dan bentuk penilaian b)tugas siswa c) remidial d) dokumentasi pekerjan siswa e) pengolahan nilai. Adapun analisis kualifikasi pelaksanaan penilaian portofolio tergolong pada kriteria baik. Kedua input program penerapan penilaian portofolio yaitu a) Sumberdaya meliputi sarana dan prasarana kesiapan guru produktif dan kesiapan siswa. b)Perangkat-perangkat lunak meliputi sistem pengolahan penilaian peraturan perbaikan nilai dan ketetapan standar penilaian. Temuan peneliti menyatakan penilaian portofolio dapat menunjang perkembangan hasil belajar siswa dengan penilaian portofolio siswa berkesempatan untuk lebih banyak terlibat dan siswa dapat mengontrol tingkat perkembangan kemampuan yang dimiliki.Ditemukan juga dari 11 mata pelajaran terdapat dua mata pelajaran produktif yang tidak melaksanakan penilaian portofolio yang mengakibatkan siswa tidak dapat mengetahui perkembangan pembelajaran secara sistematis dan ajeg. Berdasarkan simpulan diatas bahwa penilaian portofolio sangat layak direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya mengingat hingga dewasa ini penilaian portofolio masih jarang dilaksanakan pada pendidikan kejuruan di Indonesia. Karena Keefektifan penerapan penilaian portofolio akan meningkatkan mutu pendidikan kejuruan. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44301

Actions (login required)

View Item View Item