Oktariawan, Ardana Rinjang (2017) Perbedaan pola belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK di Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2016/2017 / Ardana Rinjang Oktariawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Oktariawan Ardana Rinjang. 2016.Perbedaan pola belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa teknik sipil smk di kabupaten banyuwangi tahun ajaran (2016/2017). Skripsi. Jurusan PendidikanTeknikBangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.H.A. Dardiri M.Pd (II) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd Kata kunci polabelajar fasilitas belajar prestasibelajar Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusiakeberhasilan proses belajarmengajardapattercermindarihasilbelajarsiswaPrestasi belajar yang baik merupakan dambaan setiap para siswa. Namun untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik tersebut bukanlah hal yang mudah bagi siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhihasilbelajartersebutmeliputi (1) faktor internal dan (2) faktoreksternal. Beberapadianatarafaktorinternal daneksternalantara lain adalahpolabelajardanfasilitasbelajar. Hasilbelajar yang maksimaljugaharusdiimbangidengankebiasaanbelajardanfasilitasbelajar yang dimilikiolehsiswa. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpolabelajarterhadapprestasibelajar perbedaanfasilitasbelajarterhadapprestasibelajardanadaatautidaknyainteraksipolabelajardanfasilitasbelajarterhadapprestasibelajar. Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif. Populasi yang dipilihadalahsiswadansiswijurusantekniksipil di KabupatenBanyuwangisebanyak 319 siswadansampelnyasebesar 177 siswa. Pengambilansampeldilakukandenganmetodeproppotional random sampling.SkalapengukuranmenggunakanskalaLikertdenganempatpilihanjawaban. Teknikanalisis data yang digunakanadalahanova 2 jalur. Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehtigakesimpulan (1) terdapatperbedaanpolabelajarterhadapprestasibelajarsiswasecarasignifikan danpolabelajarkelompoklebihbaikdaripadapolabelajarindividudalammeningkatkanprestasibelajar (2) terdapatperbedaanfasilitasbelajarterhadapprestasibelajarsiswasecarasignifikan danfasilitasbelajarbaiklebihbaikdaripadafasilitasbelajarkurangbaikdalammeningkatkanprestasibelajar (4) tidakadainteraksiantarapolabelajardanfasilitasbelajarsiswa. Berdasarkanhasilpenelitianini penelitimenyarankanbagisiswasupaya lebih meningkatkan semanagat dalam membiasakan diri untuk belajar baik itu membiasakan diri belajar secara individu maupun belajar secara bersama sama atau berkelompok .Selain itu di harapkan siswa untuk mampu mengoptimalkan dalam menggunakan fasilitas belajar yang telah di sediakan oleh sekolah maupun fasilitas pribadi. Bagi orang tuaUntuk lebih mendukung dan memperhatikan dalam bentuk memberikan fasilitas belajar di rumah yang memadai untuk belajar anak didikdanbagisekolahSupaya lebih meningkatkan pada fasilitas belajarnya baik secara kuantitas maupun kualitasnya Sehingga di harapkan siswa akan lebih bersemangat dalam belajar disekolahan maupun dirumah sehingga bias menunjang nilai prestasi belajarnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44279 |
Actions (login required)
View Item |