Agusdianto, Mohammad Faroq Dwi (2017) Evaluasi program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada kelompok mata pelajaran produktif keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Mohammad Faroq Dwi Agusdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agusdianto Mohammad FaroqDwi. 2016. Evaluasi Program PembelajaranMenggunakanPendekatanSaintifikpadaKelompok Mata PelajaranProduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggo.Program StudiPendidikan Teknik Bangunan JurusanTeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (II)Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Katakunci evaluasi program pembelajaranpendekatansaintifik matapelajaranproduktif. Pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmerupakansalahsatuelemen yang pentingdalamkurikulum 2013.Pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikpadakurikulum 2013 dapatdigunakanuntukmengetahuikemampuansertakeberhasilansiswadalampencapaiantujuanpembelajaran yang menghasilkanpesertadidikproduktif kreatif inovatifdanafektif.Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengetahuiinput program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik (2) mengetahui proses program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik dan (3) mengetahuiproduk program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptifevaluatifdenganpendekatan stake. Populasidalampenelitianiniadalah program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggo.Teknikpengambilansampelmenggunakantekniksensus.Teknikpengumpulan data menggunakanangketdenganskalalikert.Teknikanalisis data menggunakandeskriptif. Hasilpenelitiansebagaiberikut (1) Input program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggodilihatdarikesiapan guru denganskorreratasebesar 76 93 masukkategoribaik kesiapansiswadenganskorrerata 64 77masukkategoricukup sedangkankesiapansaranapendukungdenganskorrerata 55 68 masukkategorikurang (2) Proses program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggodenganskorrerata 69 77 masukkategoricukup (3) Produk program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggodengancapaiannilaihasilbelajarsiswarerataskor 61 91masukkategoricukup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44273 |
Actions (login required)
View Item |