Kenyamanan termal bangunan sekolah dengan orientasi yang berbeda di Kabupaten Mojokerto / Lutfi Lailatul Rizki - Repositori Universitas Negeri Malang

Kenyamanan termal bangunan sekolah dengan orientasi yang berbeda di Kabupaten Mojokerto / Lutfi Lailatul Rizki

Rizki, Lutfi Lailatul (2016) Kenyamanan termal bangunan sekolah dengan orientasi yang berbeda di Kabupaten Mojokerto / Lutfi Lailatul Rizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizki Lutfi Lailatul. 2016. Kenyamanan Termal Bangunan Sekolah dengan Orientasi yang Berbeda di Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Haris Anwar Syafrudie M.Pd (II) Imam Alfianto S.T. M.T. Kata Kunci kenyamanan termal bangunan sekolah orientasi bangunan. Salah satu faktor kenyamanan lingkungan yang mempengaruhi tingkat kenyamanan siswa pada saat kegiatan belajar adalah kenyamanan termal. Kenyamanan termal merupakan perasaan di mana seseorang merasa nyaman dengan keadaan suhu lingkungannya yang digambarkan sebagai kondisi dimana seseorang tidak merasakan kepanasan maupun kedinginan pada lingkungan tertentu. Kenyamanan termal siswa berhubungan erat dengan orientasi bangunan kelas. Orientasi bangunan kelas yang menghadap ke arah datangnya sinar matahari menimbulkan radiasi matahari yang tinggi yang bisa mempengaruhi kenyamanan termal bangunan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui kenyamanan termal siswa di ruang kelas dengan orientasi yang berbeda di Kabupaten Mojokerto berdasarkan persepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei. Penelitian dilakukan pada 192 siswa di SMP Negeri 1 Pungging dan 126 siswa pada SMP Negeri 2 Trawas. Kuesioner dibagikan kepada siswa dua kali dalam sehari. Penelitian dilakukan selama 6 hari. Hasil kuesioner siswa menunjukkan bahwa kenyamanan termal pada area bukaan jendela SMP Negeri 1 Pungging serta SMP Negeri 2 Trawas kurang baik. Lebih dari 60% siswa menyatakan tidak nyaman dengan kondisi termal. Persentase tertinggi siswa yang merasa tidak nyaman di area bukaan jendela kelas yang menghadap ke arah Timur di SMP Negeri 1 Pungging sebesar 65 39% sementara di SMP Negeri 2 Trawas persentase tertinggi siswa yang merasa tidak nyaman juga berada di area bukaan jendela kelas yang menghadap ke arah Timur sebesar 67 65%. Penelitian ini menunjukkan bahwa area bukaan jendela kelas yang menghadap ke arah Timur merupakan area kelas yang paling tidak nyaman menurut persepsi siswa. Penyebab utama yaitu pengaruh radiasi matahari pergerakan udara yang tidak terasa di dalam kelas serta sedikitnya vegetasi di sekitar kelas. Oleh sebab itu disarankan kepada SMP Negeri 1 Pungging serta SMP Negeri 2 Trawas untuk menggunakan kipas angin ataupun air conditioner pemakaian gorden serta penanaman vegetasi di setiap kelas sehingga siswa tetap merasa nyaman saat belajar di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44268

Actions (login required)

View Item View Item