Studi waktu penggunaan mesin bor untuk proses produksi pada industri kerajinan kayu / Brian Arizaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi waktu penggunaan mesin bor untuk proses produksi pada industri kerajinan kayu / Brian Arizaldi

Arizaldi, Brian (2016) Studi waktu penggunaan mesin bor untuk proses produksi pada industri kerajinan kayu / Brian Arizaldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arizaldi Brian. 2016. Studi Waktu Penggunaan Mesin Bor untuk Proses Produksi Pada Industri Kerajinan Kayu. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakuktas Teknik Universitas Negeri Malang (I) Drs. Priyono M.Pd. (II) Drs. Hadi Wasito Dip. Ed. M.Pd. Kata Kunci Waktu Mesin Bor Kerajinan Industri Kayu Ditetapkannya sistem pasar bebas di kawasan Asia Tenggara menyebabkan persaingan antar negara semakin ketat. Perusahaan dari berbagai negara yang masuk dan membuka usaha di Indonesia juga berpengaruh pada industri lokal yang harus bisa berkembang dan berinovasi agar tidak kalah di negeri sendiri.Mesin yang digunakan dalam kerajinan kayu yaitu mesin portable. Mesin portable di desain agar pekerjaan dapat diselesaikan secara efisien dan menghemat waktu juga berpengaruh terhadap hasil dan harga. Hasil yang cepat dapat terjadi harga mahal dikarenakan dalam pengerjaan di lapangan menggunakan mesin modern namun penggunaan mesin-mesin belum mengatur pada standart satuan waktu legal. Salah satu mesin yang dibutuhkan di industri kerajinan kayu adalah mesin bor.Dengan belum adanya acuan tentang perhitungan biaya produksi berbasis mesin dan masih menggunakan acuan tenaga kerja manual maka diharapkan ada acuan tentang perhitungan berbasis mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu kerja penggunaan mesin bor yang berada di industri kerajinan kayu dan yang berada di Workshop Kayu Universitas Negeri Malang. Garis besar penelitian ini adalah (1) mengukur waktu kerja efektif (2) melakukan uji coba dan verifikasi instrumen (3) pengumpulan data penelitian dan (4) melakukan analisis data penelitian. Rancangan penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Alat yang digunakan adalah (a) Mesin bor (Maktec MT606) (b) Mesin bor (West River YY66324) (d) Digital stopwatch (e) Kamera (f) Perekam Video (g) Sketmat dan (h) Meteran. Bahan yang digunakan adalah (1) papan kayu pinus (2) kayu meranti dan (3) mdf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengebor menggunakan mesin bor portable pada kayu pinus memerlukan waktu 8 96 meter/detik sedangkan mesin bor meja memerlukan waktu 10 42 meter/detik. Pada kayu meranti lunak yang menggunakan mesin bor portable memerlukan waktu 13 27 meter/detik sedangkan sedangkan mesin bor meja memerlukan waktu 9 89. Selanjutnya pada kayu meranti keras dengan menggunakan mesin bor tangan memerlukan waktu 19 11 meter/detik sedangkan mesin bor meja memerlukan waktu 25 82 meter/detik. Dan pada kayu MDF yang menggunakan mesin bor portable memerlukan waktu 8 77 sedangkan untuk mesin bor meja membutuhkan waktu 7 69 meter/detik. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa cepat atau lambatnya pengebor kayu ditentukan jenis kayu yang digunakan. Sehingga Jenis kayu sangat mempengaruhi karena serat pada masing-masing kayu berbeda. Kayu meranti mempunyai serat yang lebih padat daripada kayu pinus atau mdf sehingga waktu pengebor kayu meranti lebih lama dibandingkan kayu pinus dan mdf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44263

Actions (login required)

View Item View Item