Analisa sifat fisik dan sifat mekanik genteng keramik dengan penambahan polimer emulsi / Mohammad Munif Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa sifat fisik dan sifat mekanik genteng keramik dengan penambahan polimer emulsi / Mohammad Munif Arifin

Arifin, Mohammad Munif (2016) Analisa sifat fisik dan sifat mekanik genteng keramik dengan penambahan polimer emulsi / Mohammad Munif Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Mohammad Munif. 2016. Analisa Sifat Fisik dan Sifat Mekanik Genteng Keramik dengan Penambahan Polimer Emulsi. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbung (I) Puput Risdanareni S.T. M.T.(II) Drs. Adjib Karjanto S.T. M.T Kata kunci Genteng Keramik Polimer Emulsi Sifat Fisik Sifat Mekanik Analisa Sifat Fisik dan Sifat Mekanik Genteng Keramik dengan Penambahan Polimer Emulsi. Semakin berkurangnya bahan baku pembuatan genteng keramik khususnya di daerah Trenggalek menyebabkan pengrajin genteng menggunakan bahan baku seadanya sehingga mengurangi mutu genteng keramik. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan salah satu bahan tambahan yang diduga dapat memperbaiki mutu genteng keramik yaitu polimer emulsi. Penelitian dilakukan di tempat pengrajin genteng keramik Mitrosari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Objek penelitian adalah genteng keramik model karangpilang produksi pengrajin genteng Mitrosari. Penelitian ini menggunakan empat jenis benda uji dengan penambahan polimer emulsi A sebanyak 0% B sebanyak 2% C sebanyak 4% dan D sebanyak 8%. Hasil penelitian kuat lentur menunjukkan Besarnya kenaikan tegangan lentur dari benda uji A ke B sebesar 26.49% dari A ke C sebesar 47.86% dan dari A ke D sebesar 58.11%. Sehingga benda uji D mampu menahan beban paling baik. Hasil pengujian ketetapan ukuran menunjukkan penyimpangan keseluruhan benda uji hampir sama sehingga polimer emulsi tidak mempengaruhi ketetapan ukuran genteng keramik. Hasil pengujian penyerapan air benda uji A sebesar 36.65 % benda uji B sebesar 21.9% benda uji C sebesar 17.45% benda uji D sebesar 16.91%. Pengurangan penyerapan air oleh genteng keramik dari benda uji A ke B sebesar 40.2% . Benda uji A ke C sebesar 52.37%. dan pengurangan penyerapan air dari A ke D sebesar 53.8%. sehingga penyerapan air benda uji D paling baik. Pengujian peresapan air yang dilaksanakan selama 6 jam menunjukkan tidak ada tetesan dibawah semua benda uji genteng keramik sehingga keseluruhan genteng keramik dianggap rapat air. Dan hasil analisa XRD tidak ada perbedaan struktur kristal pada semua jenis benda uji. Tetapi perbedaan ada pada prosentase senyawa benda uji yang menunjukkan benda uji A dan B memiliki kandungan senyawa Hematitite synpaling besar yaitu 56.6% dan 55%. Sedangkan benda uji C dan D kandungan senyawa paling besar adalah Anorthite ordered yaitu 67.3% dan 62.6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin banyak polimer emulsi yang ditambahkan kedalam benda uji genteng keramik semakin baik pula mutu genteng keramik yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44231

Actions (login required)

View Item View Item