Pengembangan media pembelajaran teknologi perkayuan menggunakan adobe flash CS6 / Muhammad Rega Arief Budiarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran teknologi perkayuan menggunakan adobe flash CS6 / Muhammad Rega Arief Budiarta

Budiarta, Muhammad Rega Arief (2016) Pengembangan media pembelajaran teknologi perkayuan menggunakan adobe flash CS6 / Muhammad Rega Arief Budiarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiarta Muhammad Rega Arief. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Teknologi Perkayuaan Menggunakan Adobe Flash CS6. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono M.Pd (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Teknologi Perkayuan Adobe Flash CS6 Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Teknik Konstruksi Kayu (Teknologi Perkayuan) bahwa teori kompetensi keahlian membuat kusen daun pintu dan jendela kayu disampaikan melalui ceramah. Siswa kelas XI TKKSMKN 2 Trenggalek kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan banyak siswa yang cepat bosan dan minat terhadap proses pembelajaran berkurang yang akan berpengaruh pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran baru yang menarik salah satunya adalah media pembelajaran menggunakan AdobeFlash CS6. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk dan mengetahui kelayakan produk yang berupa media pembelajaran menggunakan flash. Penelitianmengacupada model pengembanganResearch and Development (R D) dari Borg and Gall (1983 775). Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang sudah divalidasi oleh ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif untuk meniliai kevalidan produk media yang dihasilkan dan data kualitatif yaitu hasilsaran dan tanggapan dari para validator secara lisan atau tertulis oleh pengembang. Data hasil validasi ahli media menyatakan bahwa produk tersebut sudah termasuk kriteria validdenganpresentase 88 15% sedangkan data hasil validasi ahli materi menyatakan bahwa produk tersebut juga termasuk kriteria validdengan presentase 86%. Hasil validasi uji coba kelompok kecil menunjukkan media ini dengan presentase 87 9%.Dengan demikiandapatdisimpulkanbahwaproduk berupa media pembelajaran ini telah memenuhi kaidah penelitian dan pengembangan serta efektif dipakai dalam proses pembelajaran bagi siswa SMK kelas XI TKK SMKN 2 Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44218

Actions (login required)

View Item View Item