Persepsi siswa SMK terhadap kompetensi mengajar mahasiswa KPL Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Ahmad Andi Nurfajar - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa SMK terhadap kompetensi mengajar mahasiswa KPL Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Ahmad Andi Nurfajar

Nurfajar, Ahmad Andi (2016) Persepsi siswa SMK terhadap kompetensi mengajar mahasiswa KPL Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Ahmad Andi Nurfajar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurfajar Ahmad Andi. 2016. Persepsi Siswa SMK terhadap Kompetensi Mengajar Mahasiswa KPL Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono M.Pd (II) Drs. Made Wena. M.Pd. M.T Kata Kunci persepsi peserta didik kompetensi pedagogik kompetensi profesional KPL (Kajian Praktik Lapangan) Mahasiswa Universitas Negeri Malang khususnya pada bidang kependidikan harus menempuh matakuliah KPL (Kajian Praktek Lapangan) untuk mengembangkan kompetensi mengajarnya di sekolah. Untuk mengetahui kompetensi mahasiswa KPL maka perlu dilakukan evaluasi. Salah satu evaluasi yang perlu dilakukan adalah dengan melibatkan peserta didik yang diajar oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi peserta didik terhadap kompetensi mengajar mahasiswa KPL Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik prosentase dan untuk mengumpulkan data menggunakan angket. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 54 peserta didik kelas X Bidang Keahlian Teknik Bangunan SMKN 1 Singosari. Instrumen penelitian ini diambil dari komponen-komponen kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Tahap penelitian adalah editing skoring dan tabulasi. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini didapat kesimpulan bahwa persepsi peserta didik terhadap kompetensi mengajar mahasiswa KPL Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang tahun 2015 - 2016 di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang termasuk kategori baik namun masih ada indikator yang belum terpenuhi seperti pembelajaran yang mendidik dan komunikasi dengan peserta didik. Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang diharapkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan khususnya dalam hal melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan komunikasi dengan peserta didik dengan cara memberikan materi khusus tentang pengelolaan kelas dan komunikasi di depan kelas yang baik saat melaksanakan mata kuliah microteaching serta mahasiswa KPL diharapkan untuk meningkatkan kemampuanya dengan cara mempelajari kembali materi tentang perkembangan peserta didik dan materi pengelolaan kelas serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi di depan kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44217

Actions (login required)

View Item View Item